Sakit tenggorokan/Istimewa
Health

Penyebab Sakit Tenggorokan saat Traveling

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 November 2023 - 09:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit tenggorokan adalah penyakit yang umum dialami banyak orang di musim apapun. Terutama di musim pancaroba seperti saat ini.

Selain di musim pancaroba, Anda juga bisa terkena sakit tenggorokan saat melakukan perjalanan jauh.

Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat perjalanan Anda kurang menyenangkan.

Ada beberapa penyebab terjadinya sakit tenggorokan saat melakukan perjalanan seperti berikut ini

1. Perubahan Lingkungan

Saat melakukan perjalanan jauh, terutama jika Anda berasal dari daerah dengan iklim yang berbeda, perubahan drastis dalam kondisi lingkungan seperti suhu, kelembapan, atau polusi udara dapat mempengaruhi kesehatan tenggorokan.


2. Dehidrasi

Perjalanan yang panjang seringkali membuat tubuh menjadi terhidrasi, terutama jika Anda tidak minum cukup air selama perjalanan.

Kelembapan rendah di dalam pesawat atau bus, serta cuaca panas di tempat-tempat yang Anda kunjungi, dapat memperburuk dehidrasi.


3. Paparan Zat Irritan

Perjalanan jauh bisa melibatkan paparan jangka panjang terhadap zat-zat iritan seperti polusi udara, debu, atau bahan kimia. Paparan berkepanjangan ini dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan.


4. Infeksi Virus atau Bakteri

Penyakit menular seperti pilek atau flu dapat dengan mudah menyebar di tempat-tempat ramai seperti bandara, stasiun, atau hotel. Paparan terhadap virus atau bakteri ini dapat menyebabkan infeksi tenggorokan dan sakit tenggorokan.

Banyak cara dilakukan orang untuk mengobati sakit tenggorokan ini, semisal dengan meminum obat radang tenggorokan, antibiotik, hingga obat hisap.

Sakit tenggorokan juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung propolis.

Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah dari getah pohon, serbuk sari, dan enzim mereka sendiri. Zat ini memiliki beragam manfaat kesehatan yang telah diakui sejak zaman kuno.

Beberapa manfaat propolis, antara lain sebagai antibakteri dan antimikroba, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antiinflamasi, perlindungan terhadap kanker, perawatan luka dan luka bakar, antioksidan dan mendukung kesehatan mulut.

Dr. Agus Tjandra tim ahli dari PT Meta Biolife Indonesia salah satu produsen propolis mengatakan propolis dapat meningkatkan 10x imun tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Dengan kandungan 100 % propolis asli dan mengandung flaponoid serta polifenol lebih tinggi bisa digunakan untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.

"Tidak hanya selama perjalanan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagi mereka yang mobilitasnya tinggi,” tutur Dokter Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro