Ilustrasi brokoli salah satu makanan untuk meningkatkan daya ingat
Health

10 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat

Redaksi
Selasa, 19 Desember 2023 - 14:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang tentu menginginkan memiliki daya ingat yang kuat, sehingga tidak jarang banyak orang yang mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya ingat.

Selain suplemen, ternyata makanan dan minuman juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan daya ingat.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa makanan dan minuman alami yang dapat menjadi pilihan pintar untuk mendukung kesehatan otak dan daya ingat.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel adalah sumber omega-3 asam lemak, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat).

Omega-3 telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan otak dan daya ingat. Konsumsi ikan berlemak secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mempertahankan daya ingat.

2. Blueberry

Blueberry adalah buah yang kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin. Antioksidan ini dapat melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan yang dapat merusak sel-sel saraf dan dapat meningkatkan daya ingat.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin E, magnesium, dan serat.

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif. Magnesium juga penting untuk fungsi saraf yang optimal, sedangkan serat dapat membantu menjaga aliran darah yang baik ke otak.

4. Telur

Telur kaya akan kolin, nutrisi yang berperan dalam pembentukan neurotransmitter dan membran sel otak. Kolin juga dikaitkan dengan peningkatan kemampuan belajar dan daya ingat. Hal Iini sangat penting selama kehamilan dan menyusui, makanan yang dikonsumsi sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

Selain itu, telur mengandung vitamin B12 dan D, yang mendukung kesehatan saraf dan sistem kardiovaskular.

5. Biji labu

Biji labu menjadi sumber seng mineral peningkat memori yang lebih baik, daripada biji lainnya, biji labu adalah tambahan yang berguna untuk diet yang meningkatkan daya ingat Anda.

Selain itu, biji labu merupakan sumber vitamin B yang baik yang penting karena mereka memberikan perlindungan bagi otak seiring bertambahnya usia dan mendukung fungsi memori.

6. Rosemary

Bau rosemary secara signifikan meningkatkan prospektif (kemampuan kita untuk mengingat untuk melakukan sesuatu) dan memori retrospektif. Hal ini ditemukan membantu bagi siswa saat ujian, serta mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro