Tips Menjaga Liver Tetap Sehat di Tahun Baru 2024
Health

Tips Menjaga Liver Tetap Sehat di Tahun Baru 2024

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 2 Januari 2024 - 09:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan hati atau liver sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan, karena hati memainkan peran penting dalam detoksifikasi, metabolisme, dan penyimpanan nutrisi.

Beberapa tanda mungkin mengindikasikan hati yang tidak sehat, yang mencerminkan potensi masalah hati.

Dilansir dari Times of India, penyakit kuning, ditandai dengan menguningnya kulit dan mata, menunjukkan disfungsi hati karena bilirubin menumpuk. Penurunan berat badan, kelelahan, dan kelemahan yang tidak dapat dijelaskan mungkin berasal dari beban hati yang berlebihan dan kesulitan melakukan fungsi metabolisme.

Sakit atau bengkak di perut, terutama di sisi kanan atas, bisa menandakan peradangan atau pembesaran hati. Urin berwarna gelap dan tinja berwarna pucat mungkin menandakan gangguan dalam produksi dan aliran empedu. Gejala lainnya adalah rasa gatal yang terus-menerus, yang berasal dari garam empedu yang menumpuk di kulit.

Mudah memar dan berdarah bisa disebabkan oleh gangguan produksi protein pembekuan darah. Peradangan kronis dapat menyebabkan pembesaran hati atau limpa, yang dapat dideteksi melalui pemeriksaan fisik.

Menerapkan gaya hidup yang mendukung kesehatan hati dapat berkontribusi secara signifikan dalam mencegah penyakit hati dan memastikan fungsi tubuh yang optimal.

Berikut adalah tips menjaga liver atau hati Anda tetap sehat di tahun baru 2024 menurut Dr. Tanvi Sawant, Konsultan – Gastroenterologi & Hepatologi

1. Diet

Makan makanan beragam yang kaya akan buah-buahan dan sayuran. Pikirkan buah beri, sayuran berdaun hijau, sayuran seperti brokoli, dan buah jeruk.

Perbanyak konsumsi biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Ganti lemak jenuh dari makanan olahan dengan lemak sehat yang ditemukan pada ikan berminyak, alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Batasi minuman manis, makanan penutup, dan karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta.

Air sangat penting untuk membuang racun dan menjaga hati Anda berfungsi optimal.

2. Perubahan gaya hidup untuk hati yang bahagia

Olahraga teratur membantu membakar lemak, termasuk kelebihan lemak hati, sehingga mengurangi risiko penyakit hati berlemak. Usahakan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang per minggu.

Meskipun konsumsi alkohol sesekali mungkin tidak berbahaya, konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak hati secara signifikan.
Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk fungsi hati. Tindakan pencegahan

Dapatkan vaksinasi terhadap hepatitis A dan B.

Lakukan hubungan seks yang aman dan hindari berbagi jarum suntik untuk meminimalkan risiko tertular hepatitis B dan hepatitis C
Pemeriksaan rutin: Jadwalkan pemeriksaan rutin dengan dokter Anda untuk memantau kesehatan hati Anda.

Menerapkan pendekatan holistik terhadap gaya hidup sehat adalah kunci untuk menjaga fungsi hati tetap optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro