Ilustrasi vertigo
Health

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Vertigo

Reyhan Fernanda Fajarihza
Sabtu, 27 Januari 2024 - 17:14
Bagikan

Cara Mencegah Vertigo

Belum terdapat pengobatan permanen untuk vertigo. Namun, terdapat berbagai cara mencegah dan cara merawat vertigo, tergantung pada penyebabnya.

Dilansir dari WebMD, dalam banyak kasus, vertigo dapat hilang tanpa pengobatan apa pun karena fungsi otak memiliki mekanisme untuk menjaga keseimbangan.

Namun, bagi beberapa orang, tindakan yang diperlukan antara lain:

Rehabilitasi vestibular. Ini merupakan terapi fisik yang bertujuan membantu memperkuat sistem vestibular, yang berfungsi mengirimkan sinyal ke otak tentang gerakan kepala dan tubuh relatif terhadap gravitasi.

Reposisi Canalith. Merupakan serangkaian gerakan kepala dan tubuh untuk memindahkan timbunan kalsium keluar dari saluran ke ruang telinga bagian dalam agar dapat diserap oleh tubuh, yang dinilai aman dan efektif meringankan vertigo.

Obat-obatan. Dalam beberapa kasus, obat mungkin diberikan untuk meringankan gejala seperti mual atau mabuk perjalanan yang berhubungan dengan vertigo.

Operasi. Dalam beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan untuk vertigo.

Jika vertigo disebabkan oleh masalah mendasar yang lebih serius, seperti tumor atau cedera pada otak atau leher, pengobatan di atas dapat membantu meringankan vertigo tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro