Rambut rontok/klikdokter
Health

Ini 9 Vitamin dan Nutrisi yang Baik Bagi Kesehatan Rambut

Novita Sari Simamora
Selasa, 30 Januari 2024 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan rambut. Kenali jenis nutrisi yang dibutuhkan rambut agar terhindar dari kerontokan dan rambut tipis.

Dilansir dari NDTV, Selasa (30/1/2024), ahli gizi Anjali Mukerjee menjelaskan mengapa vitamin ini penting untuk kesehatan rambut kita. Mari bahas bagaimana beberapa vitamin tertentu dari kelompok B kompleks, serta biotin.

Ada juga vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, vitamin B5, vitamin B12, inositol, dan vitamin PABA dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok.

Simak vitamin yang bisa meningkatkan kesehatan rambut:

1. Biotin

Biotin meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kerusakan rambut, dan meningkatkan kekuatan dan ketebalan helai rambut.


2. Vitamin A

Vitamin A membantu produksi sebum, zat berminyak yang melembabkan kulit kepala dan mencegah kekeringan dan ketombe.


3. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini juga melindungi folikel rambut dari kerusakan dengan mengurangi stres oksidatif.


4. Vitamin C

Vitamin C membantu produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kekuatan dan struktur rambut. Ini juga membantu penyerapan zat besi, mineral penting untuk pertumbuhan rambut.


5. Vitamin B6 (piridoksin)

Vitamin B6 berperan dalam produksi sel darah merah, meningkatkan suplai oksigen ke kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Ini juga membantu produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab atas warna rambut.


6. Vitamin B5 (asam pantotenat)

Vitamin B5 memperkuat folikel rambut, mengurangi kerontokan rambut, serta menambah kilau dan kelembutan pada helai rambut.


7.Vitamin B12

Vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah, yang membawa nutrisi penting dan oksigen ke folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.


8. Inositol

Inositol meningkatkan kesehatan folikel rambut dan mencegah penipisan rambut dan kerontokan rambut dini. Ini juga membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit kepala.


9. Vitamin PABA (asam para-aminobenzoat)

Vitamin PABA bertindak sebagai pelindung UV untuk rambut dan kulit kepala. Ini membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari dan mengurangi kerusakan dan kerapuhan rambut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro