Ilustasi perempuan sedang eksfoliasi untuk menghilangkan komedo dan jerawat/Freepik
Health

Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah, Ini Aturan dan Tips Kulit Sehat

Redaksi
Jumat, 23 Februari 2024 - 16:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mempunyai kulit wajah yang sehat merupakan dambaan setiap orang, tidak hanya wanita saja tetapi juga para pria. Kulit yang sehat membuat seseorang jauh lebih percaya diri dalam hidupnya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan wajah sehat dan glowing.

Eksfoliasi menjadi salah satu cara yang digunakan untuk merawat kulit agar tetap bersih. Eksfoliasi merupakan proses menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada pada lapisan luar kulit.

Dilansir dari nordstrom.com, Kamis (23/2/2024), eksfoliasi dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat sehingga dapat mengurangi timbulnya jerawat. Dokter kulit M. Sjahrir mengatakan bahwa eksfoliasi merupakan salah satu perawatan kulit, eksfoliasi yang benar itu akan menghasilkan kulit yang bersih dan sehat.

“Perlu untuk melakukan eksfoliasi, karena jika dilakukan dengan benar maka sel kulit matinya akan terbuang, maka tampilan wajahnya akan jauh lebih bersih dan glowing,” ucapnya ungkapnya saat berada di Bisnis.com, Kamis (22/2/2024).

Simak tips eksfoliasi kulit wajah yang benar:

Tidak semua jenis produk eksfoliasi yang dijual bebas cocok untuk segala jenis kulit, penting bagi Anda untuk tetap memperhatikan dan mempertimbangkan produk yang akan dipakai. Berikut tips memilih eksfoliasi sesuai jenis kulit:

1. Kulit sensitif 

Dilansir dari Healthline, bagi Anda yang mempunyai kulit yang kering, melakukan eksfoliasi akan lebih terasa perih atau terbakar setelah penggunaan produk dibanding kulit lainnya. Oleh karena itu, pilihlah produk eksfoliasi dengan kandungan kimia ringan.

2. Kulit kering

Jika, Anda mempunyai kulit wajah yang kering maka pilihlah produk yang mengandung AHA yang efektif untuk kulit kering, asam glikolat juga dapat membantu menghilangkan se-sel mati yang ada pada kulit dan dapat meregenerasikan kulit wajah Anda.

Jika, sudah menggunakan produk yang mengandung asam glikolat, Anda harus menggunakan sunscreen dan pelembab agar kulit tetap terjaga dari paparan sinar matahari.

3. Kulit berminyak

Jenis kulit ini dapat menggunakan eksfoliasi seperti scrub, penggunaan eksfoliasi scrub untuk jenis kulit ini dapat membantu mengangkat penumpukan kotoran yang ada pada wajah Anda.

4. Kulit normal

Jika, kulit Anda normal dan tidak mengalami masalah apapun maka Anda dapat memilih jenis produk eksfoliasi apapun. 

5. Kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi memerlukan dua campuran eksfoliasi yakni produk seperti chemical dan mechanical. Namun, jangan menggunakan keduanya pada hari yang sama karena akan menyebabkan iritasi pada kulit. Jika, setelah melakukan eksfoliasi kulit Anda menjadi kering maka segeralah untuk menggunakan pelembab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro