Ini Dia 10 Buah untuk Naikkan Kadar Hemoglobin dalam Darah, ada stroberi/greenwells.com
Health

Ini Dia 10 Buah untuk Naikkan Kadar Hemoglobin dalam Darah

Redaksi
Senin, 26 Februari 2024 - 17:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah memiliki banyak kandungan yang baik bagi darah. Kandungan yang dimiliki mampu memenuhi kadar kualitas darah manusia khususnya hemoglobin (Hb).

Mengonsumsi buah setiap hari, sangat diperlukan oleh manusia. Selain baik bagi darah, buah juga mampu menutrisi kulit, dan menjaga kualitas organ di dalam tubuh.

Kandungan yang terdapat di dalam buah, bukan hanya vitamin saja. Melainkan ada kandungan antioksidan, kandungan air, serta kandungan zat besi yang baik bagi pertumbuhan.

Melansir dari Times of India, ada 10 jenis buah yang mampu meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah:

1. Apel

Buah apel memiliki kandungan yang kaya akan zat besi dan vitamin C. Khasiat yang dimiliki buah apel mampu meningkatkan penyerapan Hb secara sintesis di dalam darah.

2. Delima

Buah delima dipenuhi dengan kandungan zat besi, vitamin C, dan antioksidan. Khasiatnya adalah untuk menstimulasi sel darah yang berjalan di dalam tubuh manusia.

3. Pisang

Sama seperti buah yang lainnya, pisang memiliki kandungan zat besi dan vitamin C di dalamnya. Sehingga khasiat ini mampu membantu penyerapan Hb secara sintesis dan mengoptimalkan sistem kerja pada darah.

4. Jeruk

Buah jeruk mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi. Selain vitamin C, kandungan zat besi yang terdapat dalam buah jeruk akan mengkontribusikan produksi Hb dalam darah yang akan mengalir ke dalam tubuh manusia.

5. Jambu

Buah jambu juga dipenuhi dengan kandungan vitamin C serta zat besi. Selain itu, kandungan vitamin dan zat besi di dalamnya mampu meningkatkan sel darah merah dan kadar Hb dalam darah.

6. Stroberi

Buah yang satu ini memiliki rasa yang unik dan warna yang menawan. Memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar Hb dalam darah.

7. Semangka

Buah semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak daripada buah lainnya. Khasiat akan adanya kandungan air ini mampu menjaga dan meningkatkan volume darah di dalam tubuh.

8. Kiwi

Buah yang identik dengan bentuk yang mungil dan berwarna hijau ini memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang cukup tinggi. Khasiatnya adalah meningkatkan produksi dan kadar Hb di dalam darah.

9. Anggur

Buah anggur dipenuhi dengan kandungan zat besi yang dapat membantu penyerapan, serta mampu mengkontribusikan kadar Hb dalam darah.

10. Aprikot

Buah aprikot ini sering diolah menjadi selai. Kandungan yang terdapat di dalamnya adalah zat besi dan vitamin C yang cukup tinggi. Lantas apa khasiatnya? Khasiat buah aprikot adalah untuk membantu meningkatkan kadar Hb di dalam darah manusia.

Setelah melihat penjelasan di atas, hampir seluruh buah yang baik untuk meningkatkan Hb dalam darah adalah buah yang mengandung kadar vitamin C dan zat besi. Hal ini dikarenakan khasiat dari vitamin C dan zat besi mampu mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Dengan begitu diperlukan makanan khusus yang mengandung dua hal tersebut, supaya kadar Hb dalam darah dapat meningkat dan oksigen yang dibawa oleh darah dapat berkontribusi secara optimal bagi tubuh. (Maharani Dwi Puspita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro