Ilustrasi Omega-3/Healthline
Health

Simak Makanan dengan Kandungan Omega-3 yang Tinggi

Redaksi
Selasa, 19 Maret 2024 - 10:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Omega-3 merupakan salah satu kandungan yang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan otak manusia. Khasiat yang diberikan, memberikan dampak besar terhadap tumbuh kembang anak.

Sering Anda melihat, banyak anak kecil saat melakukan mpasi (makanan pendamping ASI) diberikan makanan berbahan dasar ikan. Ikan merupakan salah satu makanan dengan kandungan omega-3 yang sangat tinggi.

Dilansir dari healthline.com, kandungan dari omega-3 terutama DHA yang akan membantu mengoptimalkan kinerja otak pada anak. Hal ini juga berpengaruh terhadap pola pikir dan belajar pada anak. Semakin banyak asupan makanan yang mengandung omega-3, maka perkembangan yang dihasilkan akan lebih baik.

Bagi orang dewasa khususnya lansia, manfaat dari omega-3 ini adalah untuk menurunkan risiko terjadinya osteoporosis pada tulang. Omega-3 ini yang akan membantu mengurangi rasa nyeri pada tubuh.

Simak makanan dengan kandungan omega-3 yang tinggi:

1. Ikan sarden

Sarden adalah salah satu jenis makanan siap saji yang dibuat dengan tambahan bumbu atau saus di dalamnya. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sangat bermanfaat bagi peningkatan gizi pada anak. 

Berdasarkan hasil studi yang ditemukan, kandungan omega-3 pada sarden berkisar 1.463 mg EPA dan DHA, apabila mengonsumsi  sebanyak 100 gr setiap kalengnya. 


2. Salmon

Salmon memang terkenal dengan banyaknya khasiat bagi banyak orang. Kandungan yang dimilikinya mencakup protein yang tinggi, nutrisi, hingga vitamin B dan Vitamin D bagi kesehatan.

Studi mengatakan bahwa ikan salmon dapat mencegah terjadinya penyakit jantung, deperesi, dan penyakit kronis lainnya. Salmon seringkali dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan.

Mulai dari kulit hingga tulangnya dapat diolah dengan baik dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tak heran jika banyak anak-anak kecil yang diberikan ikan salmon setiap harinya. Hal tersebut disadari bahwa kelebihan yang dimiliki oleh ikan salmon mampu menunjang kesehatan dan kecerdasan anak secara baik.


3. Chia Seed

Chia seed memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan magnesium yang baik pada tubuh. Manfaat yang dihasilkan baik untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kadar kualitas gula di dalam darah.

Hasil akhirnya, dengan mengonsumsi chia seed akan membuat Anda jauh lebih sehat mulai dari kulit, hingga mencegah risiko terjadinga penyakit diabetes.


4. Kacang Kenari

Kacang kenari memiliki banyak kandungan serat dan vitamin E. Serat ini sangat berpengaruh terhadap sistem pencernaan dan mencegah berbagai penyakit kronis lainnya.

Vitamin E sangat baik untuk memelihara kesehatan otak, mata, dan kulit pada tubuh. Saat konsumsi kacang kenari, pastikan tidak menghilangkan bagian kulitnya. Karena bagian tersebut memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. 


5. Ikan Teri

Mungkin ikan teri sering dianggap sebelah mata dengan kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya. Perlu diketahui bahwa ikan teri mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik memelihara kesehatan kulit.

Selain itu, asam lemak omega-3 pada ikan teri ini mampu menghancurkan lemak jahat pada tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro