Tips sehat saat musim panas di bulan puasa/Freepik
Health

10 Tips Sehat Saat Berpuasa di Musim Panas

Redaksi
Kamis, 21 Maret 2024 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang berpuasa pada musim panas akan lebih banyak kehilangan cairan dalam tubuhnya, oleh karena itu wajib memperhatikan gaya hidup serta pola makan agar tubuh tetap kuat dan sehat selama melaksanakan puasa. 

Cuaca panas yang ekstrim akan mempengaruhi daya tahan tubuh ketika berpuasa yakni dapat membuat tubuh menjadi lemas selama berpuasa sehingga dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Memperhatikan kesehatan tubuh baik dalam maupun luar menjadi kunci untuk menciptakan tubuh yang sehat selama berpuasa.

Simak 10 tips sehat menjaga stamina tubuh saat berpuasa di musim panas:

1. Mengonsumsi buah beri

Pola makan akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh selama musim panas terutama ketika berpuasa, jika pola makan yang dijalani tidak sehat maka tubuh akan lebih rentan terkena penyakit.

Dilansir dari pharmeasy.in, Kamis (21/3/2024) mengonsumsi buah beri sangat dianjurkan saat musim panas karena dapat membantu tubuh untuk mendapatkan cairan.

Mulai sekarang cobalah untuk menambahkan buah beri dalam hidangan berbuka atau sahur, buah ini mempunyai kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama berpuasa.

Berikut buah beri yang dapat dikonsumsi 

1. Bluberi

2. Rasberi

3. Gooseberry atau amla


2. Mengonsumsi air kelapa

Saat berpuasa saat musim panas, akan  membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan, sehingga menyebabkan tubuh dehidrasi. Ketika sudah mengalami dehidrasi saat berpuasa akan membahayakan tubuh yakni tekanan darah menurun sehingga akan merasakan sakit pada bagian kepala dan lemas dalam beraktivitas.

Mulai sekarang cobalah mengonsumsi air kelapa saat berbuka atau sahur, kandungan vitamin dan mineral dalam air kelapa dapat meningkatkan energi dan menjaga kadar elektrolit sehingga tubuh tetap terhidrasi dan tidak kehilangan cairan selama melakukan puasa.


3. Mengonsumsi buah 

Beberapa jenis buah sangat bagus apabila dikonsumsi ketika berpuasa di musim panas, kandungan vitamin dan mineral dari beberapa buah yang dikonsumsi dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan menjaga kekebalan tubuh selama melakukan puasa.

Dilansir dari rrh.org, berikut buah yang dapat dikonsumsi saat berpuasa di musim panas

1. Semangka

2. Persik

3. Plum

4. Ceri

5. Nekratin

6. Buah tin


4. Hindari minuman berkafein

Tubuh dapat lebih cepat mengalami dehidrasi saat musim panas, mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh akan membuat tubuh lebih mudah kehilangan cairannya dan menyebabkan dehidrasi tubuh yang parah saat berpuasa.

Mulai sekarang cobalah untuk menghindari minuman berkafein selama berbuka dan sahur agar tubuh tetap terhidrasi dengan sempurna sehingga aktivitas yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.


5. Istirahat yang cukup 

Berpuasa saat musim panas menjadikan tubuh lebih cepat lemas dibandingkan biasanya, apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka tubuh akan mengalami gejala yang buruk seperti pusing hingga tidak sadarkan diri.

Istirahat yang cukup dengan memperhatikan jam tidur dengan benar dapat membantu tubuh mendapatkan energinya kembali sehingga tubuh dapat beraktivitas dengan kuat selama berpuasa meskipun dengan cuaca yang sangat panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro