Gejala Jantung Bermasalah Saat Olahraga, Sesak Napas Salah Satunya/Freepik.com
Health

Gejala Jantung Bermasalah Saat Olahraga, Sesak Napas Salah Satunya

Redaksi
Rabu, 27 Maret 2024 - 12:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Olahraga salah satu kegiatan favorit bagi banyak orang karena memberikan dampak positif bagi tubuh. Saat berolahraga, jantung akan bekerja lebih keras untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Sehingga perlu bagi Anda mengetahui tanda-tanda jantung bermasalah saat olahraga.

Pada dasarnya, kinerja jantung dipengaruhi oleh aktivitas manusia itu sendiri. Sebagai contoh, jika seseorang lari dengan intensitas tinggi, maka jantung bekerja dua kali lipat untuk memasok penyebaran oksigen. Sehingga kerap kali jantung berdebar cepat saat olahraga.

Dilansir dari jatengprov.go.id, menurut Indah Sumarno selaku perawat di RS Dr Kariadi Subiyanto, mengatakan olahraga yang berlebihan membuat hormone adrenaline terpacu dengan cepat dan masuk ke dalam darah, hal itulah yang mengakibatkan serangan jantung.

Hal ini sangat berbahaya khususnya bagi penderita jantung koroner.

Dilansir dari healthline, terdapat tanda-tanda masalah [ada jantung ketika olahraga, yakni:

1. Dada Terasa Nyeri

Rasa nyeri di area dada menjadi segelintir tanda-tanda adanya masalah pada jantung. Terlebih jika rasa nyeri terasa tidak wajar dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Selain nyeri, adanya rasa tekanan di area dada bisa mengindikasikan terjadi permasalahan di Jantung. Ketika Anda mengalami itu semua, alangkah baiknya segera beristirahat dan memeriksa ke dokter.

2. Sesak Napas

Sesak napas ketika berolahraga membuat seseorang sulit bernapas dan membuat perasaan tidak nyaman. Selain asma, gejala sesak napas bisa menjadi pertanda bahwa seseorang memiliki kelainan pada jantung. Tak hanya jantung, permasalahan lainnya bisa berasal dari paru-paru, dimana keterbatasan untuk mengelola oksigen dengan baik.

3. Terasa Pusing

Salah satu faktor penyebab pusing adalah kurangnya oksigen ke dalam otak. Jantung yang bermasalah mengakibatkan penyebaran oksigen tidak berjalan normal. Sehingga seseorang merasakan pusing secara tidak wajar hingga menyebabkan pingsan.

4. Kelainan Irama Jantung

Secara normal, jantung berdetak sebanyak 90-153 per menit saat berolahraga dan 60-100 per menit dalam keadaan istirahat. Detak jantung yang lebih atau dibawah batas normal merupakan pertanda adanya permasalahan pada jantung yang disebabkan oleh banyak faktor.

5. Tubuh Terasa Tidak Nyaman

Jantung yang bermasalah juga menanggung aktivitas organ lainnya. Hal ini membuat tubuh terasa nyeri, tekanan di perut, leher, bahu, dan lengan. Tentunya gejala ini patut disadari dan diobati sejak dini untuk mencegah permasalahan jantung yang lebih parah. Anda bisa langsung berkonsultasi ke dokter.

Oleh sebab itu, perlu bagi Anda memperhatikan langkah-langkah sebelum melakukan olahraga agar permasalahan jantung dapat diminimalisir, yakni

1. Pemanasan

Sebelum masuk ke gerakan olahraga utama, Anda harus melakukan pemanasan sebagai bentuk adaptasi tubuh terhadap gerakan lainnya. Hal ini juga menstimulasi jantung secara perlahan untuk menyebarkan oksigen dengan optimal.

2. Lakukan Jalan Santai

Gerakan jalan santai membuat hormone adrenaline terlepas secara perlahan dan mencegah kelainan irama jantung. Mengingat jalan santai membuat semua anggota tubuh bergerak sehingga siap untuk melakukan olahraga utama.

3. Hindari Konsum Kopi

Kandungan kafein dalam kopi membuat jantung berdebar dengan cepat dan bisa membahayakan jantung ketika tubuh sedang berolahraga. Selain itu, kopi bisa menyebabkan rasa sakit pada perut yang bisa menganggu saat olahraga berlangsung. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro