Tips Ampuh Hilangkan Bau Mulut Setelah Makan Bawang Putih dan Bawang Merah/Istimewa
Health

Tips Ampuh Hilangkan Bau Mulut Setelah Makan Bawang Putih dan Bawang Merah

Redaksi
Senin, 29 April 2024 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang sering mengeluhkan bau mulut setelah konsumsi makanan yang mengandung bawang putih dan bawang merah.

Apabila bau mulut yang dialami tidak diatasi dengan tepat tentu akan mengganggu segala aktivitas yang dijalani, khususnya ketika berbicara atau berhadapan dengan orang lain.

Dilansir dari onlymyhealth.com, bau tidak sedap pada mulut akibat konsumsi bawang bisa terjadi karena adanya kandungan senyawa belerang yang menghasilkan gas pedas.

Senyawa belerang yang nantinya masuk kedalam tubuh akan berubah menjadi bakteri yang bercampur dengan cairan lainnya, proses inilah yang mengakibatkan bau tidak sedap pada mulut.

Simak tips mengatasi bau mulut setelah konsumsi bawang

1. Konsumsi apel atau daun mint setelah makan

Anda dapat mengonsumsi apel atau daun mint untuk menghilangkan bau tidak sedap pada mulut, kedua makanan ini dapat mengurangi panas yang dihasilkan bawang putih dan bawang merah.

Kandungan panas yang dimiliki bawang putih dan bawang merah inilah yang menjadi pemicu utama bau tidak sedap pada mulut.

2. Gunakan obat kumur yang mengandung klorin dioksida

Banyak orang yang menggunakan obat kumur dalam upaya menghilangkan bau pada mulut, mulai sekarang cobalah untuk memilih obat kumur yang mengandung klorin dioksida untuk mengatasi bau mulut tidak sedap setelah konsumsi bawang.

Obat kumur yang mengandung klorin dioksida telah terbukti efektif membantu menghilangkan plak, bakteri, dan partikel makanan yang menempel pada gigi.

Namun, Anda perlu berhati-hati jika ingin menggunakan obat kumur yang mengandung klorin dioksida karena penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada gusi dan mulut.

3. Sikat gigi secara teratur

Tidak sedikit orang yang sering mengabaikan keberhasilan mulutnya sehingga dapat memicu lebih cepat perkembangan bakteri yang merupakan penyebab utama bau tidak sedap pada mulut.

Mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi teratur 2 kali dalam sehari, khususnya setelah mengonsumsi bawang putih dan bawang merah.

Menggosok gigi setelah konsumsi bawang dapat membantu menghilangkan bau mulut yang terjadi karena adanya bakteri dan partikel makanan yang menempel pada gigi.

4. Tetap terhidrasi

Orang yang mengalami bau mulut setelah konsumsi bawang putih dan bawang merah disebabkan karena kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

Mulai sekarang cobalah untuk tetap terhidrasi sempurna dengan minum air putih 2 liter dalam sehari, tubuh yang terhidrasi dapat memperlambat perkembangan bakteri yang merupakan pemicu bau yang tidak sedap pada mulut.

5. Konsumsi teh hijau

Senyawa belerang yang dimiliki bawang merah dan bawang putih merupakan pemicu utama perkembangan bakteri, mengonsumi teh hijau dapat membantu melawan bakteri jahat pada sistem pencernaan sehingga bisa menurunkan risiko bau mulut.

Menurut US National Library for Medicine, mengonsumsi teh hijau setelah makan sama efektifnya seperti menggunakan obat kumur anti septik untuk menghilangkan plak dan bau tidak sedap pada mulut.

6. Permen karet spearmint

Orang yang suka mengonsumsi bawang cenderung lebih cepat mengalami bau mulut akibat adanya perkembangan bakteri, mengunyah permen karet spearmint dapat membantu melawan bakteri pada mulut sehingga bisa menghilangkan bau tidak sedap yang dialami.

Beberapa penelitian menunjukkan mengunyah permen karet juga bisa membantu membersihkan gigi dari debris dan plak gigi.(Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro