Daftar Makanan Cegah Penyumbatan Arteri, Bisa Hindari Penyakit Jantung/popsugar.com
Health

Daftar Makanan Cegah Penyumbatan Arteri, Bisa Hindari Penyakit Jantung

Redaksi
Rabu, 8 Mei 2024 - 01:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit jantung hingga stroke diakibatkan dari mengecilnya arteri yang menyebabkan darah tidak tersalurkan ke seluruh tubuh.

Penyumbatan ini berasal dari menumpuknya lemak di jaringan arteri. Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi makanan untuk mencegah penyumbatan tersebut.

World Health Organization (WHO) memperkirakan sebanyak 500.000 orang di dunia meninggal setiap tahunnya akibat penyakit kardiovaskular atau penyempitan pembuluh darah. Hal ini disebabkan dari konsumsi lemak trans yang berlebihan.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan melakukan penelitian terhadap jajanan di Indonesia yang memiliki kandungan lemak trans di atas 2%. Hasilnya, martabak hingga roti Maryam mempunyai kandungan lemak trans di atas batas minimal.

Seperti yang diketahui, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian terbesar di dunia. Penting bagi setiap orang untuk mulai peduli dengan kesehatan jantung melalui pola hidup sehat. Ada baiknya mulai mengganti makanan yang dapat menyehatkan jantung.

Dilansir Healthline, beberapa makanan ini dapat mencegah penyumbatan arteri dan berguna untuk terhindar dari penyakit jantung.

1. Oats

Tidak ada salahnya sarapan atau makan siang dengan bahan dasar oats. Mengonsumsi oats membantu mengurangi faktor risiko aterosklerosis, termasuk kolesterol total dan LDL. Oats memiliki kandungan antioksidan yang membantu menghambat protein inflamasi.

Kandungan serat pada oat juga bermanfaat menurunkan risiko penyumbatan arteri dan kolesterol sehingga jantung dapat memompa darah secara optimal ke seluruh tubuh.

2. Sayur-sayuran

Sayang rasanya jika seseorang malas dan jarang menambahkan sayuran ke dalam makanannya. Pasalnya, sayur-sayuran kaya akan mineral, serat, protein, dan zat besi yang baik untuk kesehatan jantung dan darah. Sayur-sayuran membantu seseorang untuk terhindar dari penyakit yang terkait aterosklerosis. Anda bisa mulai memasak sayur dengan variasi menu yang dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

3. Daging Ikan

Daging ikan kaya akan omega-3 yang baik untuk mencegah penyakit arteri koroner. Kandungan ini bermanfaat mengurangi penggumpalan darah, peradangan, menstabilkan detak jantung, dan mengurangi trigliserida. Pastinya dalam mengolah daging ikan perlu menghindari minyak atau garam berlebihan yang merupakan penyebab arteri mengecil.

4. Coklat Hitam

Coklat memang sudah dikenal sejak lama mempunyai segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Sebuah penelitian menunjukan bahwa makan coklat berkaitan dengan penurunan risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes.

Mengonsumsi coklat hitam juga membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dan mengurangi peradangan di arteri yang berguna meningkatkan fungsi fisik pada penderita aterosklerosis. Akan tetapi, hindari produk atau olahan coklat yang mengandung banyak lemak.

5. Bawang Bombay

Siapa sangka bawang Bombay ternyata membantu mencegah penyumbatan arteri. Pasalnya, bawang Bombay mengandung senyawa sulfur yang mampu mencegah peradangan pembuluh darah, menghambat penggumpalan trombosit dalam darah, dan meningkatkan oksida nitrat.

Dalam sebuah penelitian, menunjukan bawang berkaitan dengan penurunan risiko kematian yang disebabkan aterosklerosis.

6. Buah Jeruk

Rasanya yang manis dan sedikit asam ternyata menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Buah jeruk kaya akan mineral, vitamin, antioksidan, dan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan dan membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Buah jeruk mampu mengoksidasi kolesterol LDL sehingga menurunkan risiko terjangkit gangguan jantung dan stroke.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang baik untuk mengatur kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyumbatan arteri. Tak hanya itu, mengonsumsi kacang-kacangan dapat menekan peradangan, kadar trigliserida darah, dan meningkatkan kesehatan usus besar.

8. Tomat

Tomat mengandung pigmen karotenoid likopen yang membantu meningkatkan kolesterol HDL baik, menurunkan risiko serangan jantung, dan peradangan pada arteri. Terlebih jika tomat dimasak menggunakan minyak zaitun yang mampu memberikan manfaat ganda untuk terhindar dari penyumbatan arteri.

9. Buah Bit

Selain buah jeruk, buah bit juga kaya akan vitamin, mineral, dan nitrat yang akan diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh. Saat pembuluh darah mengalami peradangan akan menyebabkan produksi oksida nitrat dalam tubuh, sehingga berisiko besar terkena penyakit jantung. Buah bit dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dijadikan jus.

10. Rempah-rempah

Jahe, kayu manis, kunyit, sereh, hingga merica adalah rempah-rempah yang biasa ditemukan di dapur. Rempah tersebut mempunyai banyak manfaat untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan kadar lipid darah, dan mengurangi penggumpalan darah. Hal tersebut berdampak baik agar arteri tidak menyempit dan memengaruhi kanker jantung. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro