Ilustrasi ibu hamil
Health

Manfaat Konsumsi Jahe Bagi Ibu Hamil, Bisa Atasi Mual

Redaksi
Sabtu, 11 Mei 2024 - 22:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jahe menjadi rempah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali bagi para ibu hamil.

Dilansir dari natalist.com dan icicilombard.com, Sabtu (11/5/2024) jahe mempunyai kandungan kaya vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan serat yang telah terbukti bisa mengurangi rasa mual, mencegah penyakit kronis, menghilangkan rasa sakit, dan memperlancar sistem pencernaan pada ibu hamil.

Manfaat konsumsi jahe untuk ibu hamil

1. Mengatasi mual

Ibu hamil sering mengalami mual saat pagi hari, kondisi ini membuat tubuh menjadi lemas sehingga sulit melakukan aktivitas. Mengonsumsi jahe yang mengandung vitamin B6, gingerol, dan shogaol telah terbukti efektif mengurangi rasa mulai yang dialami.

2. Regulasi gula darah

Ibu hamil lebih sulit memproduksi insulin dalam tubuh sehingga memicu lebih cepat kenaikan gula darah dan meningkatkan risiko mengalami diabetes gestasional. Kerena itu, konsumsi jahe setiap harinya dianjurkan agar ibu mempunyai kadar gula darah yang stabil selama masa kehamilan.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Ibu hamil lebih sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit akibat terjadinya perubahan hormonal selama kehamilan. Maka, jahe menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi sembelit melalui efek karminatif yang dimilikinya. 

4. Mengurangi kram

Beberapa orang mengalami kram atau nyeri selama kehamilan akibat rahim membesar dan perut menegang sehingga dapat mempersulit aktivitas.

Namun, kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe, penelitian menunjukkan rempah ini memiliki efek prostaglandin yang telah terbukti efektif mengurangi rasa sakit kram saat ibu hamil dan menstruasi.

5. Mengurangi pembengkakan

Ibu hamil seringkali mengalami pembengkakan pada kaki akibat terjadinya peradangan dan penumpukan cairan dalam tubuh. Kondisi ini bisa diatasi melalui konsumsi jahe yang memiliki sifat anti inflamasi, kandungan ini telah terbukti mengurangi pembengkakan pada penderita osteoarthritis dan artritis reumatoid

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jahe kaya vitamin dan mineral seperti vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, dan seng yang telah terbukti efektif membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil.

Ibu hamil wajib menjaga sistem kekebalan tubuh, agar terhindar dari penyakit berbahaya yang bisa mempengaruhi kesehatan janin dalam rahim.

7. Menyeimbangkan hormon

Jahe mempunyai kandungan gingerol yang membantu menstabilkan produksi hormon selama masa kehamilan. Karena, ibu hamil seringkali mengalami perubahan hormon yang bisa memicu terjadinya komplikasi sehingga membahayakan bayi dalam kandungan.

8. Meredakan depresi

Bagi ibu hamil yang menderita depresi dianjurkan mengonsumsi jahe untuk pengobatan selama masa kehamilan. Jahe mempunyai kandungan antimikroba yang memberikan efek menenangkan bagi penderita depresi. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro