Seseorang yang mengalami penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat/ Sahyadri Hospital
Health

Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Redaksi
Senin, 24 Juni 2024 - 15:28
Bagikan

6. Mencegah diabetes

Lemon mengandung asam sitrat yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi resistensi insulin. Selain itu, juga membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga efektif dalam mengontrol kadar gula darah. Dengan demikian, konsumsi air lemon dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. 


7. Mencegah kanker

Air lemon memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Adapun kandungan flavonoid yang dibutuhkan tubuh dalam menangkal radikal bebas. Karena itu, dianjurkan mengonsumsi air lemon secara rutin untuk menurunkan risiko kanker dan meningkatkan kesehatan tubuh keseluruhan. 


8. Mencegah jerawat

Lemon memiliki pH rendah, dapat membantu mencegah pertumbuhan jerawat dengan cara mengurangi peradangan dan produksi minyak pada kulit. Selain itu, kandungan asam sitrat seperti AHA dalam buah ini berkontribusi dalam mempercepat penyembuhan jerawat yang meradang.


9. Mengurangi komedo dan kulit berminyak

Jika Anda mempunyai masalah kulit seperti komedo atau minyak berlebih, maka air lemon dapat menjadi solusi alami untuk mengatasinya. Karena, konsumsi air lemon yang mengandung anti bakteri dan anti jamur, telah terbukti efektif menghilangkan sel kulit mati penyebab berbagai masalah pada kulit. 


10. Menghilangkan flek hitam

Lemon yang mengandung vitamin C, asam askorbat, dan antioksidan dapat membantu memperlancar proses detoksifikasi pada tubuh. Kondisi ini bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan mencegah timbulnya keriput dan noda hitam yang merupakan tanda penuaan. 

Studi yang diterbitkan dalam Nutrients menemukan, vitamin C yang terdapat dalam buah lemon telah terbukti efektif menurunkan risiko penuaan dini. Lemon bekerja dengan merangsang produksi kolagen yang berperan dalam memberikan elastisitas kulit.

 

 

 

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro