Jack Nicholson salah satu tokoh dengan peran antagonis dalam film sejak era 80-an/imdb
Entertainment

Deretan Tokoh Film Antagonis Legendaris dari Era 80-an

Redaksi
Rabu, 10 Juli 2024 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pop culture (budaya populer) sangat berkesan pada tahun 1980-an.

Meskipun sudah sekitar tiga dekade berlalu, era 80-an tetap menjadi hal yang legendaris di mata penggemar modern.

Bagi beberapa film yang diproduksi pada era 80-an, kehadiran tokoh antagonis menjadi ciri ikonik tersendiri.

Tahun 1980-an memiliki beberapa tokoh antagonis yang sangat berkesan, entah karena penampilannya yang menarik, motif melakukan kejahatan yang kuat, atau alasan-alasan lainnya.

Dilansir dari Comic Book Resources, berikut beberapa tokoh antagonis legendaris dari film era 80-an:

1. Joker (Jack Nicholson)

Hingga saat ini, karakter Joker diperankan oleh beberapa aktor yang berbeda. Namun, Jack Nicholson lah yang membuat karakter ini ikonik pada era 80-an. Bermain dalam film “Batman” pada tahun 1989, Jack harus membawakan karakter Joker yang lucu dan berbahaya, serta harus melawan pahlawan Kota Gotham, Batman.

Dalam DC Comics, Joker merupakan musuh bebuyutan Batman. Karena alasan ini, masuk akal jika karakter Joker dipilih menjadi antagonis utama dalam film “Batman”.

Saat itu, Jack Nicholson tampil dalam versi Joker yang unik, yaitu sebagai gangster yang menjadi gila dan jahat akibat zat kimia yang menciptakannya. Film ini disutradarai oleh Tim Burton

2. Predator (Peter Cullen sebagai pengisi suara dan Kevin Peter Hall sebagai aktor)

Film “Predator” yang rilis pada tahun 1987 ini mengisahkan sekelompok tim tentara elit yang ditugaskan untuk menyelamatkan pasukan khusus yang hilang di hutan Amerika Selatan.

Mayor Alan “Dutch” Schaeffer (Arnold Schwarzenegger) yang memimpin tim elit tersebut harus berhadapan dengan makhluk pemburu alien yang dikenal sebagai Predator.

Film ini disutradarai oleh John McTiernan. Di sepanjang film, Predator berhasil membuat penonton takjub dengan banyaknya adegan aksi yang diperlihatkan.

Karakter ini juga memiliki persenjataan yang lengkap, kode kehormatan, dan kekuatan manusia super. Sang Predator diperankan oleh Kevin Peter Hall, sementara Peter Cullen mengisi suara dari pemburu alien yang satu ini.

3. Terminator (Arnold Schwarzenegger)

Kali ini, Arnold Schwarzenegger berperan sebagai tokoh antagonisnya. Dalam film ini, Arnold berperan sebagai mesin pembunuh cyborg bertubuh manusia yang ditugaskan ke masa lalu untuk mengeksekusi seorang juru kunci dari keselamatan manusia di masa depan.

James Cameron selaku sutradara telah berhasil membuat salah satu film paling signifikan pada era 80-an, yang diberi judul “Terminator”.

Dikatakan signifikan karena Temrinator merilis beberapa film waralabanya pada era tersebut, dan menjadi salah satu film fiksi ilmiah terhebat yang pernah ada–film keduanya yang berjudul “T2: Judgement Day”.

Terminator yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger ini telah membentuk sosok pembunuh yang sempurna, membuat film fiksi ilmiah ini terasa menjadi seperti film horor.

4. Toht (Ronald Lacey)

Toht merupakan seorang perwira Nazi yang hadir dalam film “Raiders of the Lost Ark”. Film ini merupakan film pertama dari petualangan Indiana Jones dan disutradarai oleh Steven Spielberg.

Berlatar pada awal tahun 1930-an, Toht yang diperankan oleh Ronald Lacey ini menjadi salah satu tokoh antagonis yang mengancam–mengingat 1930-an menjadi era kebangkitan Nazi di Jerman.

Sejak adegan pertamanya, Toht membuktikan dirinya sebagai salah satu tokoh antagonis paling sadis dan menakutkan di dunia perfilman.

5. Darth Vader (James Earl Jones sebagai pengisi suara dan David Prowse sebagai aktor)

Siapa yang tak kenal dengan salah satu tokoh antagonis paling terkenal dari film waralaba Star Wars ini? Darth Vader atau yang memiliki nama asli Anakin Skywalker ini tampil sebagai sosok dari pihak dark side, yang bertentangan dengan karakter protagonis utamanya, Luke Skywalker.

Salah satu hal yang membuat Darth Vader ikonik adalah kostumya, dengan topeng, helm, dan jubahnya yang serba hitam. Darth Vader juga terkenal cerdas, terampil, dan berwibawa. Karakter ini diperankan oleh David Prowse, sementara James Earl Jones mengisi suaranya. (Rafi Abid Wibisono)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro