Seseorang yang mengalami penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat/ Sahyadri Hospital
Health

Dari Air Putih hingga Yogurt, ini 7 Makanan dan Minuman Bikin Jantung Sehat

Redaksi
Minggu, 27 Oktober 2024 - 11:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Risiko penyakit jantung bisa dimiliki oleh semua orang dan tidak mengenal usia. Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia.

Mengutip dari data dari World Health Organization menunjukkan bahwa penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian utama secara global. Penyakit tersebut merenggut nyawa sekitar 17,9 juta setiap tahunnya.

Penyakit ini meliputi sekelompok gangguan pada jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskular, penyakit jantung rematik, dan kondisi lainnya.

Lebih dari empat per lima kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah disebabkan oleh serangan jantung dan stroke, dan sepertiga dari kematian ini terjadi secara prematur pada individu.

Jantung merupakan salah satu organ vital yang memompa darah ke seluruh tubuh kita. Menjaganya agar tetap sehat merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan. Salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga pola makan kita.

Mengutip dari lama Kementrian Kesehatan, faktor risiko seperti kurangnya aktivitas fisik, polusi, asap rokok, konsumsi alkohol, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes masih menjadi kontributor utama terhadap perkembangan penyakit jantung. Selain itu, perubahan gaya hidup modern, termasuk pola makan yang kurang sehat dan tingginya tingkat stres, turut berperan dalam meningkatnya prevalensi penyakit jantung.

Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan yang efektif dan edukasi mengenai pentingnya gaya hidup sehat terus menjadi fokus untuk mengatasi tantangan penyakit jantung yang terus berkembang.

Makanan dan minuman memainkan peran penting dalam kesehatan jantung. Konsumsi makanan sehat dan menghindari makanan berlemak, tinggi gula dan sodium menjadi awal baik untuk jantung sehat. Selain makanan, penting juga untuk memilih minuman yang sehat untuk jantung.

Minuman dan makanan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Ada sejumlah minuman yang bisa mendukung kesehatan jantung. Minuman ini bisa berupa teh herbal, jus, atau minuman-minuman yang biasa ditemukan sehari-hari.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut makanan dan minuman yang dapat menyehatkan jantung:

1. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan yang dapat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, bakteri yang terkandung dalam yogurt dapat memicu keluarnya protein yang dapat menurunkan tekanan darah. Apabila tekanan darah terkendali, risiko penyakit jantung pun dapat dikurangi.

2. Tahu

Selanjutnya, makanan berikut ini mudah untuk ditemui di sekitar kita, makanan tersebut adalah tahu. Tahu dapat menjadi sumber makanan yang berpotensi untuk mencegah dari penyakit jantung.

Hal ini tidak lepas dari peran senyawa isoflavon yang terdapat dalam tahu. Menurut penelitian yang dilakukan, Harvard Medical School and Brigham and Women's Hospital, ditemukan bahwa mengonsumsi tahu seminggu sekali dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung sebanyak 18%.

3. Bawang Putih

Bawang putih sudah sejak lama digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit. Bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena memiliki senyawa yang disebut allicin yang diyakini memiliki banyak efek terapeutik.

Dalam satu penelitian, mengambil ekstrak bawang putih dalam dosis 600-1.500 mg setiap hari selama 24 minggu, ternyata sama efektifnya dengan obat resep umum untuk mengurangi tekanan darah.

Mengutip dari laman Healthline, ada juga penelitian yang menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol total rata-rata 17 mg/dL dan kolesterol LDL (jahat) sebesar 9 mg/dL pada mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

4. Air Putih

Siapa sangka, air yang biasa kita konsumsi setiap hari ternyata ampuh untuk mencegah penyakit jantung. Air putih penting untuk kesehatan jantung. Jantung terus bekerja, memompa sekitar 2.000 galon darah sehari. Dengan tetap terhidrasi air putih Anda membantu jantung melakukan tugasnya. Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal, meningkatkan tekanan darah.

5. Teh Hijau

Matcha merupakan jenis teh hijau yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi. EGCG adalah senyawa polifenol yang terkandung di dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Mengonsumsi teh matcha yang kaya EGCG dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Teh hijau sudah dari lama dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, dari peningkatan pembakaran lemak hingga peningkatan sensitivitas insulin. Teh hijau juga kaya akan atekin, yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan dan melindungi kesehatan jantung.

6. Air Lemon

Air lemon mengandung zat bermanfaat dan merupakan sumber senyawa tanaman yang disebut flavonoid. Flavonoid dari buah-buahan jeruk terutama lemon sering dikaitkan dengan manfaat untuk sirkulasi darah.

Buah jeruk seperti lemon kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta menurunkan tekanan darah.

7. Jus Tomat

Selanjutnya, makanan dan minuman yang dapat menyehatkan jantung yaitu tomat. Tomat mengandung likopen, pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan kuat. Kadar likopen rendah dalam darah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Antioksidan ini mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan dan membantu mencegah penyakit jantung. Tomat juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. (Enrich Samuel K.P)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro