Travel

Waspada Travel Disease Harus Selalu Ditingkatkan

Inda Marlina
Rabu, 14 Mei 2014 - 16:33
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA – Seiring dengan berkembangnya penyakit yang bisa menular antara negara dan benua, kewaspadaan travel disease saat ini perlu ditingkatkan.

Dokter Iris Rengganis dari Divisi Alergi Imunologi Klinik Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan sikap waspada terhadap travel disease itu antara lain mengetahui informasi udara, cuaca, dan makanan pada negara tujuan. Informasi harus digali sebanyak-banyaknya sebelum berangkat melancong.

“Tak hanya berlibur, tetapi orang-orang yang akan pergi ke luar negeri seperti melanjutkan sekolah juga sebaiknya waspada terhadap penyakit-penyakit di negara tujuan,” katanya, beberapa waktu lalu.

Travel disease yang harus diwaspadai saat ini adalah virus meningitis meningkokus yang menyebabkan radang selaput otak atau meningitis. Salah satu negara yang mewajibkan menyuntikkan vaksin meningitis adalah Arab Saudi sebagai syarat mendapatkan visa.

Ternyata, virus ini sekarang tak hanya berada di Timur Tengah tersebut, tetapi juga ada di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Australia. Kedua negara itu merupakan tujuan utama para pelajar untuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi.

Waspada terhadap penyakit yang menular ketika di luar negeri bisa dilakukan di Indonesia seperti menyuntikkan vaksin meningitis dan berhati-hati di tempat tinggal saat di luar negeri, misalnya tidak saling meminjamkan barang pribadi misalnya seperti sisir atau handuk. Vaksin meningitis dapat mengurangi risiko tertular meningitis hingga 85% dan bisa diulang setiap 2-3 tahun sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Inda Marlina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro