Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini 6 Tips Melawan Kelelahan Saat Menstruasi

Untuk meringankan gejala PMS ini, Anda dapat mandi santai, lalu tidur lebih awal, menghindari, dan makanan berat sebelum tidur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  07:35 WIB
Siklus menstruasi
Siklus menstruasi

Bisnis.com, JAKARTA - Perasaan lelah saat menstruasi sering sekali muncul. Ini adalah gejala  pramenstruasi sindrom atau PMS.

Rasa lelah bisa membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Gejala PMS yang sering dialami oleh perempuan adalah perut kembung, perubahan suasana hati, sembelit, nyeri payudara, sakit kepala, kecemasan, lekas marah dan perubahan nafsu makan.

Sangat normal untuk merasa lelah sebelum menstruasi, tetapi jika kelelahan parah disertai dengan emosi seperti kemarahan, tangisan, kesedihan, dan perasaan tidak terkendali, ini bisa menjadi tanda gangguan dysphoric pramenstruasi atau PMDD, suatu bentuk PMS yang parah.

Tips melawan kelelahan menjelang menstruasi:

  1. Jaga agar tubuh Anda tetap terhidrasi

Sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi karena akan membuat Anda merasa tidak terlalu lelah dan juga menjaga tubuh Anda tetap sejuk. Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, Anda akan merasa lebih lelah dan lebih mengantuk dan juga dapat memperburuk gejala PMS Anda. Cobalah minum setidaknya delapan gelas air per hari.

  1. Makan makanan yang sehat

Penting bagi Anda untuk makan makanan sehat yang mencakup banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk memberi Anda banyak energi. Makan makanan seperti pisang, ikan berlemak, nasi merah, ubi jalar, apel, quinoa, oatmeal, yogurt dan coklat hitam karena kaya akan vitamin B, zat besi, mangan, kalium dan nutrisi penting dan antioksidan lainnya. Mengonsumsi makanan ini akan membantu meningkatkan tingkat energi Anda.

  1. Olahraga setiap hari

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynecology menemukan bahwa melakukan latihan aerobik dalam jumlah sedang dapat membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi dan mengurangi sebagian besar gejala pramenstruasi.

  1. Coba teknik relaksasi lainnya

Untuk meningkatkan tingkat energi Anda bisa mencoba melakukan beberapa teknik relaksasi seperti senam nafas dalam, yoga dan meditasi. Sebuah studi menemukan bahwa melakukan yoga dapat membantu mengurangi gejala PMS termasuk kelelahan.

  1. Ciptakan suhu ruangan yang sejuk

Untuk membantu Anda tidur dengan nyenyak di malam hari, Anda perlu menjaga agar kamar tidur Anda tetap sejuk. Penelitian telah melaporkan bahwa suhu tubuh Anda mulai turun tepat sebelum Anda tertidur dan ini membantu Anda tertidur lebih cepat. Tidur di ruangan yang lebih dingin akan membantu menurunkan suhu tubuh dan membantu mendinginkan tubuh secara alami, sehingga membantu Anda tertidur lebih cepat.

  1. Menjaga rutinitas waktu tidur yang sehat

Penting bagi Anda untuk membuat rutinitas waktu tidur yang sehat beberapa hari sebelum menstruasi Anda dimulai. Banyak wanita mengalami kelelahan, perubahan suasana hati, kembung, dan sakit kepala pada hari-hari menjelang menstruasi. Untuk membantu meringankan gejala PMS ini, Anda dapat mandi santai sebelum tidur, tidur lebih awal, menghindari makanan berat sebelum tidur, dan membatasi waktu layar Anda setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.

Dengan mengikuti tip yang disebutkan di atas dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan mengurangi kelelahan. Namun, jika Anda masih merasa lelah dan tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter dan periksa PMDD sendiri. Mengobati PMDD dapat membantu mengurangi gejala Anda, termasuk kelelahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menstruasi lelah

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top