Resep ramuan berusia 1.000 tahun bisa digunakan untuk obat-obatan, salep, dan antibiotik./ilustrasi
Health

Membandingkan Pandemi Virus Corona dengan Pandemi Lain yang Pernah Terjadi

Syaiful Millah
Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:30
Bagikan

Kesimpulan

Sejarah telah melihat banyak pandemi muncul dan diakhiri, dengan pemahaman medis dan ilmiah, kondisi kehidupan, dan konteks sosial-politik yang semuanya berperan dalam bagaimana pandemi diidentifikasi, dikendalikan, dan dihentikan.

Penyakit itu sendiri juga membedakan pandemi satu sama lain, karena beberapa virus atau infeksi bakteri menyebabkan gejala yang lebih parah dan memengaruhi populasi yang berbeda, yang mungkin lebih rentan daripada yang lain.

Misalnya, Covid-19 yang utamanya menyebabkan gejala parah pada orang berusia di atas 65 tahun dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan mendasar, sedangkan influenza 1918 menyebabkan gejala parah pada populasi muda dan sehat.

Melaporkan kasus yang dikonfirmasi secara akurat dan menyediakan pengujian yang dapat diakses adalah metode yang sangat membantu dalam memahami pandemi yang berkembang, misalnya dalam kasus Covid-19.

Pentingya hal itu karena memungkinkan organisasi kesehatan dan pemerintah untuk mengontrol penyebaran virus di lingkungan mereka dan menawarkan saran yang efektif untuk membantu orang menghentikan penyebaran dan melindungi diri dari infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro