Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Punya Risiko Sakit Jantung, Hindari 8 Makanan Ini

Inilah yang menyebabkan penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang memiliki risiko tinggi bagi masyarakat di Indonesia.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  16:33 WIB
Kentang goreng Mc Donald menjadi idola masyarakat. - Instagram
Kentang goreng Mc Donald menjadi idola masyarakat. - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan data Global Burden of Disease (GBD) 2019, penyakit jantung merupakan penyakit dengan tingkat kematian tertinggi sebesar 33,44 persen.

Inilah yang menyebabkan penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang memiliki risiko tinggi bagi masyarakat di Indonesia.

Tingginya angka kematian ini membuat setiap orang perlu berhati-hati dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan mengontrol makanan apa saja yang bisa dikonsumsi dan memiliki dampak yang baik bagi tubuh.

Berikut 8 produk makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari demi kesehatan jantung dilansir dari Times of India :

1. Es Krim

Rasanya yang manis dan sensasi dingin saat memakannya membuat es krim menjadi salah satu makanan yang disukai banyak kalangan. Akan tetapi, sebagian jenis es krim memiliki kandungan kolestrol sepertiga lebih banyak dibanding rekomendasi harian yaitu 300 miligram per hari.

Tidak hanya kandungan kolestrol yang banyak, es krim juga tinggi akan lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

2. Roti dan Produk Adonan yang Dipanggang (Baked Goods)

Produk seperti roti, kue, dan produk lainnya yang dipanggang memiliki kadar gula dan lemak jenuh yang tinggi tanpa adanya nutrisi yang baik bagi tubuh.

Akibat dari konsumsi produk ini adalah peningkatan kolestrol jahat yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

3. Kentang Goreng

Rasanya yang gurih dan renyah banyak disukai orang, tetapi di balik itu tersembunyi ancaman karbohidrat sederhana yang banyak karena terdapat lemak dan garam. Keberadaan bahan tersebut dapat menyebabkan peningkatan gula darah.

4. Soda dan Diet Soda

Pada dasarnya produk minuman berkarbonasi atau soda memang kurang baik untuk tubuh. Kandungan glukosa dalam soda dan diet soda memicu apa yang disebut sebagai insulin spike yang memicu kenaikan berat badan, inflamasi/peradangan, dan penyakit kardiovaskular.

5. Daging Asin Siap Makan (Deli Meats)

Daging jenis ini memiliki kandungan garam yang melebihi jumlah rekomendasi ahli yang berisiko buruk bagi jantung. Daging ini merupakan daging yang telah dimasak sebelumnya atau daging potong yang diasinkan.

Dikemas dengan kemasan vakum, daging ini umumnya disajikan untuk roti lapis atau sandwich.

6. Permen

Setiap permen memiliki kandungan gula murni yang berdampak pada kegemukan dan peningkata risiko penyakit jantung.

7. Ayam Goreng

Meski ayam bakar baik untuk menurunkan berat badan, tapi berbeda dengan ayam goreng. Kandungan kolestrol pada ayam goreng bersama kulitnya lebih besar dibanding ayam bakar.

8. Roti Tawar Putih

Roti tawar jenis ini kurang baik bagi kesehatan karena tidak memiliki kandungan serat, mineral, dan nutrisi baik lainnya yang membantu kesehatan jantung. Jika masih ingin memakan roti, rekomendasinya adalah roti tawar gandum atau roti tawar yang mengandung biji-bijian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top