Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat yang bisa menjaga kesehatan jantung Anda.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 April 2021  |  20:30 WIB
Tahu - istimewa
Tahu - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Mencegah serangan jantung atau masalah pada jantung bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat yang bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

Dilansir dari Webmd, berikut beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan jantung sehingga terhindar dari serangan jantung :

1. Bahan Herbal

Saat Anda menambahkan ini ke makanan alih-alih garam dan lemak, Anda membuat pilihan yang sehat untuk jantung. Mereka menambahkan rasa tanpa hal yang buruk. Rempah-rempah dan makanan lain adalah cara makan yang enak untuk jantung.

2. Kacang hitam

Kacang hitam yang lembut dan lembut mengandung nutrisi yang menyehatkan jantung. Folat, antioksidan, dan magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seratnya membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Tambahkan kacang untuk meningkatkan sup dan salad.

3. Anggur Merah dan Resveratrol

Jika Anda minum alkohol, sedikit anggur merah mungkin merupakan pilihan yang sehat untuk jantung. Resveratrol dan katekin, dua antioksidan dalam anggur merah, dapat melindungi dinding arteri. Alkohol juga dapat meningkatkan HDL, kolesterol baik.

Tip: Terlalu banyak alkohol melukai jantung. Jangan minum lebih dari satu gelas sehari untuk wanita atau dua gelas untuk pria. Sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Alkohol dapat menyebabkan masalah bagi orang yang mengonsumsi aspirin dan obat lain.

4. Salmon: Makanan Super

Makanan teratas untuk kesehatan jantung, kaya akan omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat yang dapat menurunkan risiko gangguan irama jantung dan tekanan darah. Mereka juga dapat menurunkan trigliserida dan mengurangi peradangan. The American Heart Association merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya dalam seminggu.

Tip Memasak: Panggang salmon dalam foil dengan bumbu dan sayuran. Masukkan salmon yang sudah dimasak ke dalam taco ikan dan salad.

5. Tuna untuk Omega-3

Seringkali lebih murah daripada salmon, tuna juga memiliki omega-3. Albacore (tuna putih) memiliki lebih banyak omega-3 dibandingkan varietas tuna lainnya. Cobalah memanggang steak tuna dengan dill dan lemon. Kumpulkan juga sumber omega-3 lain ini: mackerel, herring, trout danau, sarden, dan ikan teri.

Tip Kesehatan: Pilih tuna yang dikemas dalam air, bukan minyak, agar jantung tetap sehat.

6. Minyak zaitun

Minyak ini adalah lemak sehat yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Ini kaya akan antioksidan yang menyehatkan jantung. Mereka dapat melindungi pembuluh darah Anda. Saat minyak zaitun menggantikan lemak jenuh (seperti mentega), ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Cobalah salad dan sayuran yang dimasak, atau dengan roti.

Tip rasa: Untuk rasa terbaik, cari yang diperas dingin dan gunakan dalam 6 bulan.

7. Kenari

Segenggam kecil kenari sehari dapat menurunkan kolesterol Anda. Ini juga dapat melindungi dari peradangan di arteri jantung Anda. Kacang kenari mengandung omega-3, lemak sehat yang disebut lemak tak jenuh tunggal, sterol, dan serat. Manfaatnya datang ketika kenari menggantikan lemak jahat, seperti yang ada di keripik dan kue kering.

Tip: Coba minyak kenari dalam saus salad.

8. Kacang almond

Slivered almond cocok dengan sayuran, ikan, ayam, dan makanan penutup. Mereka memiliki sterol, serat, dan lemak yang menyehatkan jantung. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol LDL "jahat". Ambil sedikit sehari.

Tip Perasa: Panggang untuk meningkatkan rasa lembut dan lembutnya.

9. Edamame

Anda mungkin pernah melihatnya sebagai hidangan pembuka di restoran Asia. Edamame adalah kata dalam bahasa Jepang untuk kedelai. Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secangkir edamame juga memiliki 8 gram serat penyehat jantung. Untuk mendapatkan banyak serat dari roti gandum, Anda perlu makan sekitar empat potong.

Tip: Ambil edamame beku, rebus, lalu sajikan hangat di dalam polong. Memunculkan kacang yummy dari polong yang keras akan menjadi camilan yang memuaskan.

10. Tahu

Makanlah tahu dan Anda akan mendapatkan protein kedelai vegetarian dengan mineral yang menyehatkan jantung, serat, dan lemak tak jenuh ganda. Itu bisa mengikuti rasa bumbu atau saus yang Anda gunakan untuk memasaknya.

Tip: Potong tahu keras, rendam, lalu panggang atau tumis, hilangkan minyaknya. Tambahkan tahu ke sup untuk protein dengan sedikit lemak tambahan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top