Kulit pipi bebas jerawat. /Istimewa
Health

4 Cara Basmi Komedo Tanpa Bantuan Klinik Kecantikan

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 27 Mei 2021 - 12:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Komedo membandel seringkali membuat kesal karena memperburuk tampilan wajah. Selain jerawat, komedo acapkali disebut penjajah tampilan menawan wajah.

Apalagi komedo hitam yang menimbulkan bintik-bintik di kulit wajah. Komedo mengandung sumbatan sebum di pori-pori kulit yang seringkali menyakitkan untuk ditahan, akibatnya bisa berpotensi menyebabkan jerawat.

Komedo dapat muncul seperti bintik-bintik pada kulit, tetapi biasanya berakar dalam dan cukup sulit untuk dihilangkan.
Perawatan untuk komedo tidak sama dengan perawatan untuk lesi jerawat.

Dibutuhkan penanganan yang tepat untuk membasmi komedo. Melasir dari femina.id, Kamis (27/ 5/2021), berikut adalah tips sederhana mengilangkan komedo :

1. Uap Panas

Mengukus wajah menggunakan uap adalah cara yang bagus untuk menghilangkan komedo di rumah secara efektif.
Uap panas pada kulit akan membuka pori-porisehingga lebih mudah untuk menjangkau dan menghilangkan sebum yang menyumbat pori-pori penyebab munculnya komedo.

2. Lulur Wajah

Setelah selesai dengan sesi facial uap yang baik, lanjutkan ke pembersihan ganda dengan exfoliator. Lulur wajah yang baik akan melonggarkan pori-pori yang tersumbat di mana komedo terbentuk. Lulur wajah akan mengangkat kotoran ke permukaan.

Untuk mengelupas kulit secara menyeluruh setelah facial uap, pertama-tama gunakan pembersih wajah yang melembutkan kulit, kemudian dilanjutkan dengan scrub wajah.

Pembersih pertama akan membersihkan kotoran dan keringat dengan lembut. Dan saat mengunakna scrub atau lulur wajah akan bekerja lebih baik menghilangkan komedo.

3. Rutin masker wajar

Masker wajah menjadi produk perawatan kulit tepat untuk menghilangkan komedo. Bahan-bahan seperti arang, teh, dan lempung alami sangat efektif untuk menghilangkan komedo dari kulit dan menjaganya bebas dari bakteri.

Selain itu, jenis masker tanah liat atau clay mask akan menyerap minyak dengan baik. Aplikasikan masker sebelum atau setelah sesi pengelupasan kulit, itu akan membantu mengeluarkan komedo ke permukaan.

Masker jenis peel-off akan bekerja dengan sangat baik jika digunakan setelah pembersihan dan pengelupasan karena akan melakukan pekerjaan akhir untuk mengeluarkan komedo.

Peel-off masks juga bisa diaplikasikan setelah menggunakan clay mask. Pastikan untuk melembapkannya dengan baik setelah menggunakan segala jenis skincare mask.

4. Peningkatan Antioksidan

Terakhir, jangan pernah lupa untuk menutrisi kulit dengan serum kulit yang kaya antioksidan. Ini sangat ideal untuk membantu membunuh bakteri penyebab komedo dan menjaga tingkat pH kulit yang sehat sehingga noda tersebut tidak terbentuk di masa mendatang.

Toner berbahan dasar bahan alami cocok untuk mengencangkan pori-pori sebelum mengoleskan produk pelembab apa pun ke kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro