Ilustrasi kolesterol/istimewa
Health

Berapa Sih Kadar Kolesterol yang Ideal?

Jessica Gabriela Soehandoko
Selasa, 29 Juni 2021 - 16:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kadar Kolesterol yang tinggi dapat menjadi masalah dan perlu kita jaga. Lalu, berapa kadar kolesterol yang ideal?

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Dengan banyaknya kolesterol yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, maka dapat menyebabkan stroke dan masalah jantung. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Penyebab kolesterol tinggi terjadi dikarenakan faktor gaya hidup. Hal ini seperti dari makanan apa yang Anda makan, dan sering atau tidaknya Anda berolahraga. Berat badan yang berlebih, merokok, meminum minuman alkohol, dan faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab.

Kolesterol tinggi dapat terjadi tanpa gejala. Oleh karena itu Anda perlu melakukan tes kolesterol secara rutin. Hal apa saja yang dapat diketahui dari tes tersebut?

Melalui tes kolesterol, Anda dapat mengukur kolesterol total yang terdiri dari kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL atau non-HDL) serta trigliserida yakni zat lemak yang mirip dengan kolesterol jahat. Kolesterol HDL dapat disebut dengan kolesterol baik, dikarenakan dapat membantu membersihkan kolesterol dari arteri, sedangkan Kolesterol LDL menyebabkan penyumbatan di arteri.

Dalam melakukan tes kolesterol, Anda dapat melakukannya dengan dokter medis ataupun di apotek. Biasanya untuk mendapatkan sampel darah yang sedikit, dengan tes tusuk jari.

Lalu, seberapa besar kadar kolesterol yang baik berdasarkan dengan usia? Untuk mengetahuinya, kadar kolesterol yang sehat tidak jauh berbeda dengan kebanyakan orang dewasa. Namun, dalam beberapa kasus kadar kolesterol bagi setiap orang dapat berbeda karena adanya faktor kondisi seperti kesehatan.

Untuk dapat mengetahui kondisi Anda lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter sehingga mendapatkan pengetahuan, dan mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro