Serangan jantung mendadak pada usia muda/ilustrasi
Health

11 Tanda Penyakit Jantung: Sakit Dada, Berkeringat, hingga Mengorok

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 6 September 2021 - 21:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak semua masalah jantung datang dengan tanda peringatan yang jelas. Tidak selalu ada "alarm" serangan jantung yang mengkhawatirkan diikuti dengan aktor yang jatuh ke lantai seperti yang Anda lihat di film.

Beberapa gejala penyakit jantung bahkan tidak terjadi di dada Anda. Karena itu, tidak mudah untuk mengetahui apa yang terjadi ketika serangan jantung menyerang Anda.

"Jika Anda tidak yakin, periksalah," kata Charles Chambers, Direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute seperti dikutip WebMD, Senin (6/9/2021).

Pemeriksaan secara berkala wajib, terutama jika Anda berusia 60 tahun atau lebih, kelebihan berat badan, atau menderita diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi.

Simak 11 tanda kelainan pada jantung yang wajib Anda pantau. Jangan anggap enteng, ya Sobat Bisnis:

1. Sakit di Dada
Ini adalah tanda bahaya jantung yang paling umum. Jika Anda memiliki arteri yang tersumbat atau mengalami serangan jantung, Anda mungkin merasakan sakit, sesak, atau tekanan di dada Anda.

"Setiap orang memiliki kata yang berbeda untuk perasaan itu. Beberapa orang mengatakan itu seperti gajah sedang duduk di atasnya. Orang lain mengatakan itu seperti dicubit atau terbakar," kata Chambers.

Perasaan itu biasanya berlangsung lebih lama dari beberapa menit. Ini mungkin terjadi ketika Anda sedang istirahat atau ketika Anda melakukan sesuatu yang fisik.

2. Mual, Gangguan Pencernaan, Mulas, atau Sakit Perut

Beberapa orang memiliki gejala ini selama serangan jantung. Mereka bahkan mungkin muntah. Wanita lebih mungkin melaporkan jenis gejala ini daripada pria.

Anda dapat mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan jantung Anda. Bagaimanapun, itu bisa saja sesuatu yang Anda makan. Namun, Anda perlu menyadari bahwa itu juga bisa terjadi selama serangan jantung.

Jadi, jika Anda merasa seperti ini dan Anda berisiko mengalami masalah jantung, biarkan dokter mencari tahu apa yang terjadi, terutama jika Anda juga memiliki gejala lain dalam daftar ini.

3. Nyeri yang Menyebar ke Lengan
Gejala serangan jantung klasik lainnya adalah rasa sakit yang menjalar ke sisi kiri tubuh.

"Hampir selalu dimulai dari dada dan bergerak ke luar. Namun, saya memiliki beberapa pasien yang terutama mengalami nyeri lengan yang ternyata merupakan serangan jantung," ujar Chambers.

4. Merasa Pusing atau Pening

Banyak hal yang bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan atau merasa pingsan sesaat. Mungkin Anda tidak cukup makan atau minum atau Anda berdiri terlalu cepat. Namun, Jika Anda tiba-tiba merasa goyah dan Anda juga mengalami ketidaknyamanan dada atau sesak napas, segera hubungi dokter.

"Itu bisa berarti tekanan darah Anda turun karena jantung Anda tidak mampu memompa sebagaimana mestinya," kata Bufalino.

5. Sakit Tenggorokan atau Rahang

Dengan sendirinya, sakit tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Kemungkinan besar, ini disebabkan oleh masalah otot, pilek, atau masalah sinus.

Jika Anda mengalami rasa sakit atau tekanan di bagian tengah dada yang menyebar ke tenggorokan atau rahang, itu bisa menjadi tanda serangan jantung. Hubungi dokter dan cari bantuan medis untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro