Ilustrasi dokter melihat hasil rontgenparu-paru./Antara
Health

Selain Sesak Nafas, Ini 8 Gejala Infeksi Paru-paru yang Harus Diwaspadai

Aliftya Amarilisya
Kamis, 28 Oktober 2021 - 21:47
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Infeksi paru-paru adalah penyakit yang tak bisa disepelekan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda atau gejalanya.

Selain kebiasaan merokok, umumnya infeksi paru-paru itu sendiri disebabkan oleh berbagai patogen, seperti virus, bakteri, dan jamur.

Dilansir dari Healthline, Kamis (28/10/2021), berikut sejumlah gejala yang muncul saat seseorang mengalami infeksi paru-paru.

1. Batuk berdahak

Batuk pada dasarnya membantu membersihkan tubuh Anda dari lendir yang dihasilkan dari peradangan saluran udara dan paru-paru. Namun, apabila paru-paru terinfeksi, Anda mungkin mengalami batuk dengan lendir kental atau dahak berwarna hijau, abu-abu kekuning-kuningan, atau bahkan mengandung darah.

2. Dada terasa seperti ditusuk

Pada seseorang yang mengalami infeksi paru-paru, tak jarang mereka akan merasa nyeri tajam pada bagian dada, seperti ditusuk. Nyeri tersebut pun bisa makin terasa memburuk ketika batuk atau bernapas secara dalam. Lebih jauh, nyeri juga dapat terasa di punggung bagian tengah hingga atas.

3. Demam

Demam terjadi saat tubuh seseorang mencoba melawan infeksi. Demam tinggi biasanya turut menyebabkan gejala lain, seperti sakit kepala, nyeri otot, dehidrasi, dan panas dingin.

4. Otot dan punggung terasa sakit

Otot dan punggung biasanya juga terasa sakit saat Anda mengalami infeksi paru-paru. Kondisi ini disebut mialgia.

5. Kelelahan

Lantaran tubuh terus berusaha melawan infeksi, Anda biasanya akan merasa cepat lelah dan lesu. Untuk itu, istirahatlah yang cukup agar tubuh segera pulih.

6. Napas mengeluarkan bunyi

Infeksi pada paru-paru menyebabkan seseorang seperti mengeluarkan siulan bernada tinggi (mengi) saat bernafas. Hal tersebut diakibatkan oleh adanya penyempitan atau peradangan pada saluran nafas.

7. Kebiruan pada kuku atau bibir

Bibir atau kuku Anda mungkin juga akan tampak berwarna kebiruan. Kondisi itu disebabkan kurangnya oksigen saat Anda mengalami infeksi paru-paru.

8. Suara berderak di paru-paru

Selain tujuh hal di atas, tanda infeksi parau-paru lainnya adalah adanya suara berderak di dasar paru-paru (bibasilar crackles). Kondisi ini dapat diketahui oleh dokter dengan menggunakan stetoskop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro