Ilustrasi perempuan makan sambil nonton yang bisa membuat berat badan naik/Freepik
Health

10 Kebiasaan Buruk yang Bikin Perut Buncit, Stop Sekarang Juga!

Nabila Dina Ayufajari
Selasa, 8 Februari 2022 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama pandemi Covid-19 dua tahun terakhir ini, sebagian orang lebih sering berada di dalam rumah dan kurang beraktivitas. Simak 10 kebiasaan buruk yang bisa bikin perut buncit.

Terlalu lama di rumah membuat Anda melakukan setidaknya satu atau dua dari kebiasaan buruk yang ada di daftar ini. Pasalnya, kebiasaan buruk tersebut dapat menumpukkan lemak sehingga membuat perut makin buncit.

Bagaimana Anda dapat mengubah rutinitas sehingga dapat membantu menghilangkan lemak secara otomatis? Tidak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan buruk sebelum terlambat.

Simak 10 kebiasaan buruk yang bisa bikin perut Anda makin buncit seperti yang dilansir dari Eat This! pada Selasa (8/2/2022).

1. Anda Kurang Tidur

Menurut peneliti Wake Forest, pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak, sedangkan mereka yang tidur lebih dari delapan jam hanya bertambah sedikit kurang dari itu. Jumlah optimal untuk mengontrol berat badan Anda adalah rata-rata enam hingga tujuh jam tidur per malam.

2. Anda Diet Ketat

Seringkali diet yang memotong seluruh kelompok makanan tidak memungkinkan keseimbangan dan moderasi yang Anda butuhkan untuk mengikuti rencana makan sehat.

Pelaku diet yang mengikuti rencana ini mungkin rentan terhadap kekurangan nutrisi yang berpotensi berbahaya. Selain itu, Anda mungkin bosan dengan rencana yang terbatas dan akhirnya makan berlebihan.

3. Anda Terlalu Lama Buka Medsos

Menyimpan smartphone dan TV Anda hanya akan membuat Anda tetap terjaga semalaman dan menyebabkan Anda makan tanpa berpikir sambil menatap layar.

Sebuah studi oleh Lighting Research Center di Rensselaer Polytechnic Institute menemukan bahwa cahaya yang dipancarkan dari teknologi gadget sebenarnya menekan produksi melatonin di otak. Ini merupakan hormon tidur utama untuk tubuh Anda, jadi ketika Anda tidak cukup memproduksinya, Anda bisa menderita komplikasi tidur.

Sementara itu, penelitian dari Pediatric Obesity menemukan siswa dengan akses ke satu perangkat elektronik di kamar tidur mereka 1,47 kali lebih mungkin untuk kelebihan berat badan dibandingkan sebagian lainnya yang tidak memiliki perangkat di kamar tidur.

4. Anda Tidak Fokus Makan

“Kita makan karena berbagai alasan, tetapi dorongan utama untuk makan dengan penuh perhatian adalah rasa lapar fisik,” kata ahli gizi terdaftar Leslie Schilling, MA, RDN.

Sulit untuk hadir jika Anda makan di meja sambil berselancar di dunia maya, atau menonton televisi. Ketika pikiran Anda berfokus pada sesuatu selain makanan, Anda tidak menyadari hal-hal seperti ‘Apakah makanannya benar-benar enak?’ dan ‘Apakah saya mulai kenyang?’ Ini sering mengarah pada ‘makan berlebihan,’ yang tidak begitu diperhatikan.

Tidak fokus saat makan juga menyebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak kalori yang langsung berubah menjadi lemak perut.

5. Anda Makan Terlalu Cepat

Tubuh Anda membutuhkan durasi 20 menit untuk perut Anda memberi tahu otak Anda bahwa itu sudah cukup. Sebuah studi di Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa pemakan lambat mengonsumsi 66 kalori lebih sedikit per makanan, dibandingkan dengan orang-orang yang makan cepat.

Anda bertanya berapa 66 kalori? Jika Anda bisa melakukannya setiap kali makan, maka Anda akan kehilangan lebih dari 20 pon setahun!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro