Ilustrasi serangan jantung
Health

5 Tips Jaga Kesehatan bagi Calon Haji dengan Riwayat Penyakit Jantung

Aliftya Amarilisya
Jumat, 3 Juni 2022 - 19:17
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Jelang pelaksanaan ibadah haji, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Rio Probo Kaneko, Sp.JP, FIHA memberikan tips bagi calon jemaah dengan riwayat penyakit jantung dalam menjaga kondisi kesehatannya.

"Calon haji dengan riwayat penyakit jantung perlu tetap menjaga kondisi kesehatannya sebelum keberangkatan dan selama menjalankan ibadah haji," katanya dikutip dari Antara pada Jumat (3/6/2022).

Adapun langkah pertama ialah rajin berolahraga. Tak perlu yang berat, olahraga yang dipilih boleh olahraga yang sifatnya ringat, seperti jalan kaki.

"Pertama, perlu menjaga kesehatan dan kebugaran sebelum berangkat ke Tanah Suci dengan berolahraga sesuai petunjuk dokter spesialis jantung," katanya.

Kedua, yakni memeriksakan status kesehatan ke dokter sebelum berangkat ke Tanah Suci. Tujuannya, agar dapat diketahui tingkat risiko penyakit yang dimiliki.

Lalu, yang ketiga adalah membawa obat-obatan yang selama ini sudah dikonsumsi rutin. Penting pula untuk disiplin dalam mengonsumsi obat sesuai dosis dan waktu yang telah ditentukan oleh dokter.

Keempat, yakni tidak melakukan aktivitas yang berat dan beristirahat yang cukup. Jika perlu, batasi kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan ibadah haji.

Terakhir, apabila terdapat keluhan penyakit jantung saat berada di Tanah Suci segera hubungi dokter atau tim medis kesehatan yang bertugas untuk mendapatkan penanganan awal secara cepat dan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro