Penyembuhan holistik bisa dilakukan dengan bermeditasi./istimewa
Relationship

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental, dan Bikin Mood Positif

Widya Islamiati
Kamis, 4 Agustus 2022 - 19:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meditasi, adalah aktivitas atau kegiatan yang memfokuskan perhatian, pikiran, dan juga napas yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran.

Jenis meditasi cukup beragam, seperti mediasi pernapasan hingga meditasi spiritual. Manfaat meditasi selain meningkatkan kesadaran juga beragam, bisa untuk mengurangi stress dan mengurangi kecemasan. Namun, ternyata meditasi juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Berikut manfaat meditasi bagi kesehatan mental berdasarkan forbes dan healthline :

1. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat utama dari meditasi adalah mengurangi stress, banyak orang melakukan meditasi demi tujuan ini, sehingga meditasi lebih dikenal dengan manfaat ini, daripada manfaat unggul lainnya.

Stres mental dan fisik umumnya meningkatkan kadar hormon kortisol, yang berakibat pada terganggunya kualitas tidur, meningkatkan kecemasan, membuat tubuh mudah Lelah, dan meningkatkan tekanan darah rendah. Dan meditasi kesadaran yang dilakukan rutin selama delapan minggu dapat mengurangi respons peradangan yang disebabkan oleh stress.

2. Mengontrol Kecemasan

Meditasi membantu mengurangi stress, hal ini juga berpengaruh pada kecemasan yang turut berkurang. Penelitian menunjukan, meditasi rutin selama delapan minggu dapat membantu mengurangi gejala kecemasan, juga berpengaruh pada peningkatan perasaan nyaman, peningkatan reaktivitas stress dan penurunan tekanan.

3. Meningkatkan Kesadaran Diri

Kesadaran diri juga penting dalam Kesehatan mental, dan meditasi dapat meningkatkan kesadaran diri. Hal ini disebabkan karena meditasi menciptakan sebuah kebiasaan untuk fokus. Penelitian juga menunjukkan meditasi dapat meningkatkan control impuls dan meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain.

4. Mengatur Mood atau Suasana Hati

Seiring dengan rutinnya orang bermeditasi, emosional akan lebih terjaga. Meditasi biasanya mencakup pengotrolan napas dan perhatian yang menyebabkan reaksi yang kurang impulsif. Maka orang yang rutin berkatih meditasi secara teratur memiliki kemampuan yang lebih bisa untuk mengatur suasana hati.

5. Meningkatkan Kekuatan Memori

Selain mengurangi stress, menurut penelitian, meditasi juga dapat membantu meningkatkan kekuatan memori. Hal itu terjadi ketika melakukan meditasi, otak akan menghasilkan lebih banyak materi abu-abu yang penting untuk kesehatan otak, melindungi bagian otak yang terhubung dengan memori. Ini juga berkaitan dengan kemampuan manusia untuk mengontrol gerakan dan mengontrol emosi.

Melakukan meditasi selama 30 menit dalam sehari selama delapan minggu, dapat meningkatkan lebih banyak produksi materi abu-abu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro