Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Alami Obati Panu yang Mengganggu

Panu umumnya menyerang area-area berminyak seperti wajah, leher, dada, punggung serta perut.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  17:02 WIB
Cara Alami Obati Panu yang Mengganggu
Panu pada kulit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu masalah kulit meresahkan yang sering ditemui di Indonesia adalah panu.

Infeksi jamur yang dimulai dengan munculnya bitnik-bintik kecil dan rata dan berwarna berbeda dari kulit lainnya ini cenderung menghadirkan rasa gatal juga bersisik.

Panu umumnya menyerang area-area berminyak seperti wajah, leher, dada, punggung serta perut.

Jamur yang menyebabkan panu adalah Malassezia globose. Jamu ini hidup dipermukaan kulit dan dalam jumlah yang banyak dapat sebabkan infeksi. Malassezia globose menghuni tempat-tempat yang lembab dan panas untuk menginduksi panu. Itulah sebabnya jarang sekali orang yang tinggal di daerah dingin terkena panu, dan bagi penduduk daerah panas, panu sudah jadi kondisi yang lumrah.

Panu awalnya memang hanya bitnik-bintik kecil, namun jika terus dibiarkan akan membantuk gumpalan besar yang mengganggu. Maka perlu dilakukan pengobatan agar panu tidak semakin menyebar dan mengganggu.

Lalu adakah cara rumahan yang bisa obati panu? Berikut ini jawabannya berdasarkan emedihealth.

1. Gunakan sampo antiketombe

Sampo antiketombe ataupun anti jamur dapat membantu mengatasi permasalahan panu. Caranya cukup mudah, sampurkan sampo antiketombe atau antijamur yang mengandung 2% ketoconazole dengan air, lalu gosok hingga mengeluarkan busa. Lalu oleskan pada area panu dan biarkan selama 10 menit lalu bilas.

2. Oleskan lotion antijamur topikal

Mengobati panu tanpa memakai resep dokter juga bisa dengan menggunakan lotion antijamur topikal. Meskipun memang hanya dapat mengobati panu yang ringan dengan cara membunuh jamur, namun lotion ini juga dapat membantu mencegah pertumbuhan panu berikutnya dan menenangkan kulit.

Lotion antijamur topical diantaranya krim klotrimazol, krim atau gel terbinafine, krim mikonazol, lotion selenium sulfida 1%, dan sabun zinc pyrithione.

3. Pengobatan dengan bahan alami

Beberapa bahan rumahan dipercaya dapat mengobati panu, diantaranua adalah lidah buaya, serai, neem (daun yang berasal dari tanaman yang ditemui di India), minyak pohon the, minyak zaitun, cuka sari apel, dan kunyit.

4. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Antioksidan dikenal dengan fungsi yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan cegah peradangan. Mengonsumi antioksidan bisa jadi salah satu cara obati panu secara alami. Selain itu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C dan E juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagaimana cara mencegah terkena panu?

Panu bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan bersih, mengenakan tabir surya, mengenkan pakaian dengan sirulasi udara yang baik, mandi setelah berolahraga ataupun aktivitas fisik yang berkeringat, serta seger berganti pakaiajn ketika berkeringat banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panu
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top