Orang sedang membaca hasil tes kolesterol/freepik
Health

Dampak Buruk Jika Kolesterol Anda Rendah

Widya Islamiati
Kamis, 15 September 2022 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu timbulnya berbagai kondisi kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Namun, kolesterol bukanlah hal yang benar-benar harus dihindari, karena sebenarnya tubuh membutuhkan kolesterol dalam jumlah yang tepat. Ini berarti tidak berlebihan dan tidak kekurangan.

Lalu kondisi kesehatan apa saja yang bisa ditimbulkan akibat kekurangan kolesterol? Berikut ini jawabannya menurut Eatthis, Medicalnewstoday, dan

Rendahnya kadar kolesterol dalam darah umumnya disebabkan oleh kondisi seperti lemak perut yang berlebih, resistensi insulin, serta kebiasaan merokok.

Depresi

Rendahnya kadar kolesterol dalam darah bisa menjadi pemicu depresi. Kesehatan mental juga dipengaruhi oleh kader kolesterol, karena otak merupakan organ yang paling kaya akan kolesterol. Kekurangan asam lemak esensial serta kolesterol dalam otak bisa menyebabkan sejumlah kondisi merugikan bagi otak.

Selain itu, kekurangan kolesterol juga dikaitkan dengan peningkatan risiko bunuh diri.

Kecemasan

Salah satu akibat rendahnya kolesterol adalah timbulnya kecemasan. Hal ini diutarakan oleh seorang psikolog, Duke Edward Suarez, menurutnya kadar kolesterol rendah menjadi prediktor potensial untuk depresi serta kecemasan bagi pria dan wanita.

Meskipun kadar kolesterol tinggi juga tidak disarankan sama sekali, tapi punyai kadar kolesterol rendah juga tidak bagus. Maka mengonsumsi minyak ikan atau ikan secukupnya bisa menjadi solusi dari kedua hal tersebut.

Lahir prematur

Salah satu penyebab bayi lahir prematur adalah kurangnya kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu, menunjukkan bahwa kadar kolesterol rendah bisa menyebabkan bayi lahir prematur.

Stroke hemoragik

Selain kadar kolesterol tinggi, kadar kolesterol rendah juga bisa menjadi salah satu pemicu stroke. Seorang anggota American Academy of Neurology, Pamela Rist menyebutkan, menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida memang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun, menurutnya kadar kolesterol yang sangat rendah pada wanita juga tidak dianjurkan.

Kanker

Rendahnya kadar kolesterol juga bisa berkaitan dengan penyakit kanker, meskipun memang tidak berhubungan secara langsung. Seorang dokter di National Cancer Institute, dr. Dementrius Albanes menyebutkan, penelitian menunjukkan bahwa kolesterol yang rendah bisa jadi karena adanya kanker yang tidak terdiagnosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro