Dry shampo
Fashion

Sedang Viral, Apa Itu Sampo Kering?

Widya Islamiati
Rabu, 26 Oktober 2022 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Unilever baru saja menarik beberapa produknya di pasaran Amerika Serikat. Produk-produk tersebut merupakan produk aerosol sampo kering atau dry shampoo dalam kategori kosmetik produk rambut yang diproduksi sebelum Oktober 2021.

FDA menyebut, langkah ini merupakan sikap kehati-hatian Unilever dalam memastikan produknya aman untuk digunakan. Lantaran 19 produk sampo kering yang ditarik tersebut mengandung zat benzena yang merupakan pemicu kanker.

Mengutip laman WebMD, sampo kering merupakan produk yang berguna untuk menyerap kotoran, minyak, dan lemak di kulit kepala, tanpa harus mencuci kepala atau membilasnya. 

Biasanya produk ini digunakan untuk menyegarkan rambut setelah beraktivitas fisik seperti berolahraga.

Lebih praktis dari sampo pada umumnya

Sampo kering dibuat dalam sediaan yang bisa disemprotkan, membuat penggunaannya menjadi lebih mudah dan praktis dibandingkan sampo pada umumnya.

Mengapa bisa menyerap lemak dan minyak? Karena sampo kering terbuat Dari alkohol atau pati. Cara kerjanya ketika disemprotkan akan menyerap minyak dan lemak pada rambut, sehingga membuat rambut tampak lebih bersih.

Sebabkan rambut rusak

Namun penggunaan sampo kering tanpa dibarengi dengan penggunaan sampo pada umumnya sewaktu waktu akan menyebabkan rambut menjadi lebih kering dan mudah patah.

Lantaran sampo kering dapat meninggalkan residu di kulit kepala, jadi tanpa keramas secara teratur dengan air, residu sampo kering akan menumpuk. Tumpukan residu ini bisa menyebabkan ruam, peradangan ataupun memicu munculnya ketombe.

Selain itu, keramas dengan sampo boasa juga dapat membersihkan bakteri. Hal ini membantu mencegah tersumbatnya pori-pori kulit kepala akibat bakteri tersebut. 

Cara penggunaan sampo kering yang benar

Penggunaan sampo kering yang benar akan membantu mencegah kerusakan rambut ataupun peradangan pada kulit. Caranya dengan egang memegang botol sampo kering sekitar 6 inci dari kepala, lalu semprotkan secukupnya. 

Setelah itu pijat kulit kepala ataupun usap rambut dengan jari, supaya sampo kering menyebar secara merata dan tidak terlihat.

Para ahli menyarankan disamping penggunaan sampo kering, tetap harus berkeramas juga dengan air dalam beberapa kali selama seminggu. 

Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk tidak menggunakan sampo kering ini lebih dari dua hari berturut-turut dan tidak menggunakannya selama lebih dari tiga bulan. Supaya kulit kepala dan rambut tetap terjaga kesehatannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro