Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Belajar Dari Kasus Halloween Itaewon, Masyarakat Diharapkan Pelajari Teknik CPR

Teknik CPR untuk menyelamatkan orang yang mengalami henti jantung menurut dokter adalah ilmu yang seharusnya dipelajari masyarakat agar bisa menyelamatkan orang
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 03 November 2022  |  14:55 WIB
Belajar Dari Kasus Halloween Itaewon, Masyarakat Diharapkan Pelajari Teknik CPR
Teknik CPR
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan halloween di Itaewon, sebuah distrik di Kota Seoul, Korea Selatan berujung duka.

Korean Herald mengungkapkan, per Senin (30/10/2022) pukul 17.45 waktu setempat korban meninggal dilaporkan mencapai 153 orang, sedangkan korban luka sebanyak 103 orang. 

Setelah kejadian ini, media sosial diramaikan dengan cuplikan-cuplikan video di sekitar lokasi. Video-video itu memuat korban yang tergeletak di jalan, juga korban yang tengah dilakukan upaya penyelamatan dengan teknik CPR.

dr. Felix Hartono melalui akun Instagramnya dan juga Instagram Pandemictalks menyebutkan, dalam video tersebut tenaga medis dan masyarakat non tenaga medis sedang melakukan Cardiac Pulmonary Resuscitation atau yang lebih dikenal dengan sebutan CPR, pijat jantung.

"Dalam situasi berdesak-desakan di Itaewon kemarin, para korbannya ini bisa mengalami sesak yang berujung pada kekurangan oksigen, efeknya mereka jadi gak sadarkan diri bahkan sampai meninggal," ungkap dr. Felix.

dr. Felix melanjutkan, inilah mengapa para tenaga medis dan masyarakat memberikan pertolongan CPR. Karena, jika CPR dilakukan dengan teknik yang benar, akan membantu mengalirkan darah hingga otak mendapatkan oksigen.

Lebih lanjut, dr. Felix menjelaskan bahwa teknik CPR ini merupakan pertolongan dasar yang boleh dipelajari oleh masyarakat non tenaga medis.

"Sehingga orang non medis bisa melakukan pertolongan pertama ketika terjadi kegawatdaruratan, apalagi sekarang sudah mulai banyak konser atau event-event yang berisiko, terjadi hal seperti yang terjadi di Itaewon," pungkas dr Felix.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpr jantung penyakit jantung serangan jantung sakit jantung
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top