Catat, Ini Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan (pexels)
Health

Catat! Ini Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nuraini
Selasa, 3 Januari 2023 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kunyit adalah rempah-rempah kaya manfaat yang mudah dijumpai. Kunyit sering diolah sebagai bumbu masakan, jamu, atau pewarna alami.

Kandungan nutrisi dalam kunyit cukup lengkap, sehingga manfaat kunyit pun sangat beragam.

Apa sajakah kandungan yang terdapat pada kunyit? Dan apa saja kegunaan kunyit untuk kesehatan dan wajah? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan kunyit

Menurut penjelasan di Alodokter, dalam 100 gram kunyit terdapat sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut daftar nutrisi dalam kunyit:

  • Protein 10 gram
  • Kalsium 168 mg
  • Magnesium 208 mg
  • Fosfor 199 mg
  • Kalium 2 gram
  • Vitamin C 1 mg
  • Zat besi 55 mg

Selain itu, kunyit juga mengandung senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Senyawa tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Kandungan kunyit di atas membuat rempah-rempah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Masih melansir dari Alodokter, berikut beberapa manfaat kunyit untuk tubuh.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu manfaat kunyit yaitu bisa mencegah risiko penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan kunyit diketahui mengandung kurkumin yang dapat meningkatkan kinerja lapisan pembuluh darah atau endotelium.

Tak hanya itu, kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Meskipun demikian, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Mengobati gangguan pada pencernaan

Kunyit diketahui efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti dispepsia, tukak lambung, pankreatitis dan lain sebagainya. Manfaat kunyit untuk lambung ini karena adanya kandungan kurkumin. Tak hanya itu, kunyit juga dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan.

3. Mengurangi gejala depresi

Beberapa studi menyebutkan mengkonsumsi kunyit bisa mengurangi depresi. Hal tersebut dikarenakan kandungan kurkumin bisa membuat antidepresan bekerja dengan lebih baik.

4. Mencegah penyakit kanker

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya yaitu mencegah kanker. Kurkumin dalam kunyit berperan sebagai antiinflamasi yang dipercaya bisa menghambat pertumbuhan, perkembangan, hingga penyebaran sel kanker. Meski demikian, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk menunjang kesehatan, kunyit juga diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi kecantikan wajah. Dikutip dari Alodokter, berikut beberapa manfaat kunyit untuk wajah.

1. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat kunyit untuk kulit yaitu bisa membuat kulit terlihat lebih cerah. Kandungan antioksidan pada kunyit tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, namun bisa membuat kulit lebih cerah. Pasalnya, antioksidan tersebut bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit kusam.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Masker dari kunyit juga diketahui bisa menyamarkan bekas jerawat. Bahkan, sifat antioksidan pada rempah ini juga dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit kanker.

3. Mengurangi kerutan pada wajah

Manfaat kunyit untuk wajah berikutnya yaitu bisa mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Mengkonsumsi kunyit secara rutin diketahui bisa meningkatkan kolagen yang bisa memelihara elastisitas kulit, sehingga kulit wajah tetap kencang.

4. Mengatasi noda gelap pada wajah

Noda gelap pada wajah bisa disebabkan oleh hiperpigmentasi. Masalah ini semakin diperparah oleh paparan sinar matahari yang berlebih.

Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit dipercaya bisa mengurangi efek dari paparan sinar matahari tersebut. Meskipun demikian, penggunaan sunscreen tetap dianjurkan agar kulit wajah mendapatkan perlindungan yang optimal.

Itulah sejumlah manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi kunyit tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro