Simak, Ini Cara Mengatasi Diare pada Orang Dewasa dan Anak - Freepik
Health

Cara Mengatasi Diare secara Alami pada Orang Dewasa dan Anak

Nuraini
Rabu, 15 Februari 2023 - 19:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diare adalah gangguan pada saluran pencernaan yang membuat seseorang mudah buang air besar. Jika tidak segera ditangani, diare bisa menyebabkan rasa lemas dan gangguan kesehatan lain.

Lantas, bagaimana cara mengatasi diare? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menghentikan Diare Tanpa Obat

Saat Anda mengalami diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat kimia karena ternyata ada beberapa cara alami yang bisa menghentikan diare. Dikutip dari situs RSUD Sawahlunto, berikut beberapa cara mengobati diare tanpa obat kimia.

1. Mengkonsumsi makanan atau minuman probiotik

Salah satu cara mengatasi diare pada orang dewasa yaitu dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman probiotik. Makanan dan minuman probiotik bisa membantu menyeimbangkan bakteri baik dalam usus. Hal tersebut bisa membuat pencernaan lebih sehat. Probiotik ini juga bisa membuat usus terhindar dari infeksi berbahaya.

2. Minum banyak air putih

Cara menyembuhkan diare lainnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Ketika diare, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Kondisi ini bisa mengakibatkan dehidrasi dan bisa membuat organ tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, penderita diare harus mengkonsumsi air putih yang banyak agar tidak kekurangan cairan. Selain itu, penderita diare juga tidak diperkenankan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, soda, maupun minuman berenergi. Pasalnya, minuman tersebut memiliki sifat diuretik yang bisa membuat dehidrasi semakin parah.

3. Menghindari konsumsi makanan yang pedas dan asam

Cara mencegah diare bisa dengan menghentikan sementara konsumsi makanan pedas dan asam. Makanan dengan rasa pedas atau asam bisa membuat saluran pencernaan semakin parah.

Selain menghentikan makanan pedas dan asam, saat diare juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman dengan pemanis buatan dan makanan yang berminat. Pasalnya, makanan dan minuman tersebut bisa membuat diare semakin parah.

4. Makan buah kaya pektin

Buah kaya pektin seperti apel dan pir diketahui bisa menyerap air dalam usus. Dengan demikian, diare bisa dihindari secara alami.

5. Konsumsi suplemen mengandung zinc

Suplemen yang mengandung zinc bisa menjadi salah satu cara menghilangkan diare. Hal tersebut dikarenakan suplemen ini bisa meredakan sel epitel dalam usus. Suplemen ini juga bisa membantu penyerapan natrium dan mencegah kehilangan mineral klorin dalam tubuh.

Dengan demikian, usus akan lebih mudah menyerap air, mengatasi kekurangan cairan, hingga meredakan masalah diare.

Cara Mengatasi Diare pada Anak

Kondisi diare juga bisa dialami anak maupun bayi. Maka dari itu, para orang tua perlu mengetahui cara penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini beberapa cara mengatasi diare pada bayi atau anak-anak tanpa obat kimia.

1. Berikan air secukupnya

Sama seperti orang dewasa, anak-anak yang diare juga bisa kekurangan cairan. Maka dari itu, saat anak diare pastikan kebutuhan air tetap tercukupi. Berikan air secukupnya agar anak tidak dehidrasi saat sedang diare.

2. Tetap berikan ASI

Cara mengatasi diare pada bayi juga bisa dengan memberikan air susu ibu atau ASI. Berdasarkan penjelasan di Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Indonesia, ASI menjadi sumber energi yang aman diberikan ketika anak sedang sakit. Kandungan nutrisi dalam ASI juga bisa mempercepat proses penyembuhan saat sakit.

3. Berikan makanan yang mudah dicerna

Memberikan makanan yang mudah dicerna bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi diare pada anak-anak. Makanan yang bisa diberikan saat anak sedang diare yaitu makanan dengan tekstur lembut, mudah dicerna, dan kaya kalori.

Selain itu, hindari juga makanan yang tinggi lemak atau digoreng menggunakan minyak. Pasalnya, makanan tersebut bisa membuat kerja usus menjadi berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro