Profil dan personel Deep Purple yang akan menggelar konser di Solo/Instagram @rajawaliindonesia.
Entertainment

Konser di Solo, Ini Profil dan Personel Deep Purple

Taufan Bara Mukti
Jumat, 10 Maret 2023 - 14:40
Bagikan

Konser di Solo, Ini Profil dan Personel Deep Purple

Profil Deep Purple

Deep Purple adalah band rock yang berasal dari London, Inggris. Bersama Led Zeppelin dan Black Sabbath, Deep Purple disebut sebagai trinitas dari hard rock dan heavy metal di Inggris pada medio 1970-an.

Deep Purple dibentuk dengan formasi awal (Mark I) Nick Simper, Ian Paice, Rod Evans, Ritchie Blackmore, dan Jon Lord. Formasi ini hanya bertahan setahun pada 1968-1969.

Setelah melalui pergantian formasi, band ini sempat vakum selama delapan tahun pada 1976-1984. Alasannya, para personel Deep Purple kala itu tengah disibukkan bersama proyek bersama band lain. Misalnya Ritchie Blackmore di Rainbow dan Jon Lord di Whitesnake.

Pada 1984 Deep Purple Mark II reuni dan menggarap album "Perfect Strangers". Hingga kini band tersebut tak pernah lagi vakum meski harus bergonta-ganti formasi hingga sembilan kali.

Personel Deep Purple MK 9

1. Ian Gillan

lan kali pertama bergabung di Deep Purple pada era MK II periode tahun 1969-1973. Concerto for Group and Orchestra pada 24 September 1969 di Royal Albert Hall, London, menjadi konser pertamanya dengan Deep Purple.
lan Gillan memberi pengaruh vokal terbesarnya di album In Rock, Fireball dan Machine Head.

Lagu hits Deep Purple yang paling populer, Smoke On The Water menekankan kemampuannya untuk membawakan lirik dengan intensitas yang membara dan semangat rock’n’roll.

2. Roger Glover

Bassist dan komposer kelahiran Wales ini bergabung dengan Deep Purple pada MK II (1969-1973). Ia sempat hengkang dari Deep Purple untuk menjadi kepala A&R di Purple Records, dan merilis album solonya bertajuk The Butterfly Ball pada 1974.

la juga sempat memproduseri Nazareth dan Status Quo, serta membuat band bersama lan Gillan yang menghasilkan sebuah album bertajuk Accidentally On Purpose pada tahun 1988. Roger juga sempat bermain dengan Ritchie Blackmore’s Rainbow pada periode tahun 1979-1984, dan setelah itu bergabung kembali Deep Purple pada 1984 hingga sekarang.

3. Ian Paice

Di antara seluruh member Deep Purple, mulai dari MK 1 hingga MK 9, lan Paice adalah satu-satunya member yang tetap bertahan menjadi personel Deep Purple sejak 1968 hingga sekarang.

Meskipun pada perjalanannya, ia juga sempat menjadi drumer untuk Paice, Ashton & Lord, Gary Moore dan Whitesnake. Ian Paice juga sempat menjadi bintang tamu di album rock n’ roll Paul McCartney bertajuk Run Devil Run yang dirilis pada tahun 1999.

4. Don Airey

Don telah menjadi musisi di kancah rock selama lebih dari 25 tahun. Mencetak hampir 200 kredit album dan berasosiasi dengan 20 atau lebih band besar termasuk Cozy Powell’s Hammer, Colosseum II, Andrew Lloyd Webber, Ritchie Blackmore’s Rainbow, Ozzy Osbourne, Whitesnake, Jethro Tull dan ELO.

Don datang menyelamatkan Deep Purple pada pertengahan 2001 untuk membantu Jon Lord yang kala itu sedang cedera, dan akhirnya telah pensiun. Sejak saat itu hingga sekarang, ia telah menjadi personel tetap di Deep Puprle MK 8.

5. Simon McBride

Ketika Steve Morse, gitaris Deep Purple MK 8, mengumumkan mundur dari band, karena alasan pribadi, Simon McBride direkrut menjadi personel baru band ini.

Setelah bermain dengan kibordis Don Airey dan lan Gillan di berbagai proyek dalam beberapa tahun terakhir, Simon melakukan debut penampilannya bersama Deep Purple selama tur musim panas 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro