Pemeriksaan diabetes/istimewa
Health

Bukan Insulin, Ini Biaya Pengobatan Diabetes yang Kuras Kantong

Elsa Hayati Sukma
Selasa, 21 Maret 2023 - 08:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada sekitar 37 juta orang di Amerika menderita diabetes dan berkembang dengan cepat menjadi penyakit kronis yang mematikan.

Obat menjadi salah satu penyelamat nyawa penduduk di Amerika yang sedang mengobati penyakit kronisnya. Sekitar 8 juta penduduk di Amerika menggunakan insulin untuk memantau kadar gula darah.

Harga insulin yang digunakan ini cukup tinggi dan menjadi salah satu kendala bagi penderita diabetes yang kesulitan untuk membeli obat tersebut.

Dilansir melalui USA TODAY soal laporan JAMA Internal Medicine tahun 2020 menemukan bahwa anak-anak dan orang dewasa dengan asuransi kesehatan swasta menghabiskan lebih banyak uang untuk persediaan pengobatan diabetes daripada insulin.

Dr. Karla Robinson mengatakan dari 37 juta orang di Amerika yang menderita diabetes dan 100 juta orang dewasa pra-diabetes lainnya membutuhkan perlengkapan tes diabetes. Terdapat dua jenis perlengkapan diabetes yang diperlukan yaitu:

(1). Tipe 1, yang sepenuhnya bergantung pada insulin.
(2). Tipe 2, yang mungkin membutuhkan atau tidak membutuhkan insulin karena dapat minum obat oral dan mengubah gaya hidup dan pola makan.

Food and Drug Administration (FDA) menyetujui pengobatan diabetes menggunakan tipe 1 karena tingkat diabetes di kalangan anak muda di Amerika Serikat meningkat dan perlu dengan adanya pengobatan insulin.

Untuk biaya pengobatan diabetes menggunakan insulin menghabiskan uang sebanyak US$4.882 atau senilai Rp74 juta setahun untuk perawatan yang memiliki asuransi. Dari jumlah tersebut sekitar US$3.992 atau Rp61 juta dihabiskan untuk persediaan atau 80% biaya tahunan untuk mengelola penyakit.

Untuk mencegah kadar glukosa agar tidak meningkat dengan mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan serta diet atau mengkonsumsi rendah karbohidrat dan nabati. Selain itu perlu untuk melakukan pengecekan kadar glukosa dengan persediaan yang dibutuhkan, diantaranya:

1. Pengukur glukosa darah (Glukometer)

Perangkat genggam kecil yang menggunakan setetes darah dari jari dan memberikan hasil glukosa hanya dalam beberapa detik.

2. Monitor glukosa berkelanjutan (CGM)

Alat ini sebagai pemantau glukosa yang dapat dipakai dengan sensor yang berada di bawah kulit dan mengukur glukosa 24 jam sehari.

3. Pompa insulin

Alat ini merupakan pengiriman insulin otomatis (AID) yang sering digunakan dengan CGM untuk merespon perubahan glukosa.

4. Perangkat lancing atau lanset

Alat ini digunakan untuk menusuk jari yang akan memeriksa kadar gula darah.

5. Strip tes glukosa darah

Alat ini digunakan dalam meteran glukosa

6. Jarum suntik dan bantalan persiapan alkohol

Alat ini digunakan untuk menyuntikan insulin

7. Pena insulin

Alat ini merupakan alternatif portable dan nyaman untuk botol dan jarum suntik untuk memberikan insulin.

8. Bercak kulit perekat

Alat ini digunakan bersama dengan CGM

9. Set infus

Alat ini digunakan sebagai sambungan antara perangkat pengiriman pompa insulin dan tubuh.

Untuk mendapatkan potongan harga persediaan obat diabetes dapat dilakukan dengan cara meminta sampel atau resep kepada dokter dan membelinya di toko obat, selain itu bisa memanfaatkan organisasi kesehatan yang dapat membantu melakukan pengecekan diabetes dengan harga yang lebih terjangkau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro