Ilustrasi air lemon atau lemon infused water/Medicine.net
Health

Ini 8 Buah Rendah Gula Bagi Penderita Diabetes

Elsa Hayati Sukma
Senin, 27 Maret 2023 - 14:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Bagi penderita diabetes tentu perlu untuk memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Buah menjadi salah satu cemilan sehat yang kaya akan nutrisi bagi penderita diabetes.

Namun kebanyakan buah mengandung kadar gula darah yang tinggi, untuk mencegah mencegah meningkatnya diabetes perlu untuk memperhatikan buah-buah yang baik untuk kesehatan tubuhnya. 

Ada beberapa pilihan yang perlu diperhatikan saat memilih buah yang baik bagi penderita diabetes. Buah yang segar menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes, salah satu cara untuk menentukan buah apa yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes dengan memeriksa nilai pada indeks glikemik (GI). 

Dilansir melalui Medical News Today GI (Indeks glikemik) adalah makanan dalam skala dari 1 hingga 100. Skor tersebut menunjukan seberapa cepat makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah. Secara umum, tubuh menyerap makanan GI tinggi  lebih cepat daripada makanan GI sedang atau rendah. 

Makanan dengan peringkat GI tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat seperti minuman manis, roti, kentang dan nasi putih. Skor GI sedang yang dimiliki adalah buah nanas, melon, dan buah-buahan kering tertentu. Sedangkan skor GI rendah adalah fruktosa dan banyak serat. 

Jumlah buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tergantung pada faktor ukuran tubuh dan tingkat aktivitas. Secara umum wanita dewasa membutuhkan 1,5- 2 buah setiap harinya, sedangkan pria dewasa 2-2,5 setiap harinya.

Ini beberapa buah yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes:

1. Jeruk 

Jeruk memiliki banyak jenis yang dapat dikonsumsi. Kandungan yang terdapat dalam jeruk adalah Vitamin C yang baik bagi tubuh yang memiliki 16 gram karbohidrat dengan 65 kalori di dalamnya. Jeruk mengandung banyak air, folat, dan potasium yang menjadi pilihan bagus bagi penderita diabetes. 

Kandungan folat dalam jeruk membantu proses pembentukan sel darah merah dan kandungan potasium dalam jeruk dapat membuat normal tekanan agar tetap stabil. Jeruk ini dapat dikonsumsi secara langsung atau ditambahkan kedalam makanan atau minuman seperti jeruk lemon dan jeruk nipis. 

2. Berry 

Buah berry seperti strawberry, raspberry, anggur merupakan makanan yang dikonsumsi bagi penderita diabetes karena mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Kandungan lain dalam buah berry memiliki 84 kalori dan 21 gram karbohidrat. 

Buah berry ini dapat dimakan secara langsung atau dikonsumsi dengan dimasak menggunakan api sedang sampai mengental seperti selai. 

3. Apel 

Apel memiliki kandungan 25 gram karbohidrat dan 95 kalori yang baik untuk diet diabetes harian. Untuk dapat mengurangi karbohidrat dapat mengkonsumsinya menjadi setengah apel. Satu buah apel menyediakan 20 persen kebutuhan serat untuk setiap harinya. 

Untuk mengkonsumsi apel anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau dengan cara di jus pada buah apel. 

4. Buah persik 

Kandungan yang terdapat dalam buah persik adalah 14 gram karbohidrat dan 59 kalori. Buah ini memiliki 10 mg vitamin C sebagai nutrisi baik bagi tubuh. Kandungan Vitamin C dalam tubuh dapat membantu pembuluh darah, tulang rawan serta proses penyembuhan tubuh. 

5. Ceri

Kandungan yang terdapat dalam ceri memiliki 52 kalori dan 12,6 gram karbohidrat. Buah ini sangat baik untuk melawan peradangan karena didalamnya terkandung antioksidan yang dapat melawan penyakit bahaya seperti kanker.

6. Aprikot 

Aprikot adalah buah manis yang cocok untuk penderita diabetes. Kandungan dalam satu buah aprikot memiliki 17 kalori dan 4 gram karbohidrat dan menyediakan vitamin A yang baik bagi penglihatan dan sistem kekebalan tubuh. 

7. Pir 

Buah pir mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Pir mengandung hampir 5,5 gram karbohidrat yang merupakan makanan yang baik untuk diabetes. Cara mengkonsumsi pir dapat dengan mengiris dan dimakan secara langsung atau dapat dibuat sebagai salad bersama dengan sayuran lainnya. 

8. Kiwi 

Kiwi merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dan memberi sedikit potasium dan serat. Satu buah kiwi memiliki sekitar 48 kalori dan 11 gram karbohidrat sehingga buah ini cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

Selain dengan mengkonsumsi buah, menjaga berat badan dan mengelola stress serta berolahraga menjadi salah satu faktor penting untuk penurunan diabetes. Kenali kondisi Anda dan kontrol agar diabetes pada tubuh tidak meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro