Edema, kondisi jari membengkak
Health

Kenali Penyebab Edema atau Jari Membengkak Seperti yang Dialami Raja Charles III

Salma Permata Dewi
Senin, 8 Mei 2023 - 16:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Foto jemari milik Raja Charles yang terlihat bengkak di beberapa kesempatan telah menjadi sorotan. Masyarakat terutama para penggemar keluarga kerajaan Inggris menunjukkan rasa prihatin mereka terhadap Raja.

Diketahui Charles III yang sebelumnya merupakan Pangeran Wales telah dinobatkan menjadi Raja dalam upacara penobatan di Westminster Abbey pada Sabtu (6/5/23).

Dia naik tahta setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II. Banyak rakyat Inggris yang hadir di sana untuk melihat acara penobatan tersebut.

Dilansir dari Independent, jari bengkak milik Charles III itu memicu spekulasi dari berbagai anggota komunitas medis. Mereka menyatakan bahwa pembengkakan tersebut dapat disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut sebagai edema.

Edema, menurut National Health Service (NHS) ditandai dengan pembengkakan di lengan, tangan, pergelangan kaki, dan/atau kaki. Pembengkakan ini biasanya disebabkan oleh retensi atau penyimpanan cairan di area-area tersebut.

Sebenarnya, berbagai macam kondisi yang mendasari dapat menyebabkan jari bengkak dan banyak di antaranya bukan kondisi yang serius, tetapi ketika dipasangkan dengan gejala baru atau pembengkakan lainnya mungkin mengindikasikan sesuatu yang serius.

Berikut penyebab-penyebab jari membengkak dilansir dari Healthline.

1. Retensi cairan

Pembengkakan terjadi ketika cairan tubuh terkumpul di jaringan atau persendian. Hal ini terkadang membuat jari kelingking Anda bengkak atau mungkin kesulitan memasang dan melepas cincin ke jari.

Makanan asin bisa menjadi salah satu penyebabnya. Walaupun hal ini mungkin tidak terlalu membahayakan, tetapi jika ditambah kondisi-kondisi yang lain dapat membahayakan kesehatan.

2. Olahraga

Selama berolahraga, seperti berlari, mendaki, atau bentuk olahraga intens lainnya, tubuh Anda bekerja keras untuk memompa darah ke jantung, paru-paru, dan otot. Ini mengarahkan aliran darah menjauh dari pembuluh darah di tangan dan menyebabkannya melebar atau jari membengkak.

Jari bengkak setelah berolahraga umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, Anda dapat mengurangi gejala pasca-olahraga ini dengan menggerakkan tangan dan lengan dan memastikan untuk tetap terhidrasi.

3. Panas

Edema panas umumnya menyebabkan pembengkakan pada ekstremitas, terutama pada jari tangan, tangan, dan kaki. Meskipun umumnya tidak berbahaya, ini dapat mengindikasikan ketidakseimbangan cairan dan elektrolit.

Dalam beberapa kasus, itu juga dapat dikaitkan dengan kondisi lain yang mendasarinya. Anda dapat mengurangi edema panas dengan tetap terhidrasi dan mendinginkan suhu tubuh sesegera mungkin.

4. Hormon

Perubahan hormon, terutama saat menstruasi dan kehamilan, dapat menimbulkan gejala seperti kembung, bengkak, perubahan mood, dan lainnya. Gejala ini sering terjadi akibat pergeseran hormon seperti estrogen dan progesteron.

Pembengkakan pada tangan dan jari adalah gejala umum dari sindrom pramenstruasi (PMS), dan juga sering muncul selama kehamilan.

5. Preeklampsia

Penyebab potensial lain dari jari bengkak selama kehamilan adalah kondisi yang disebut preeklampsia.

Preeklampsia sering muncul pada akhir kehamilan dan ditandai dengan gejala sakit kepala terus-menerus, wajah atau tangan bengkak secara tidak normal, perubahan penglihatan, penambahan berat badan, atau sakit perut.

Perawatan dini untuk preeklampsia sangat penting untuk memastikan kehamilan dan persalinan yang aman.

Perawatan tersebut termasuk obat-obatan, pemantauan yang sering, atau dalam beberapa kasus, persalinan dini.

6. Posisi tidur

Pembengkakan terkadang dapat terjadi pada tangan dan jari saat bangun tidur di pagi hari. Meskipun hal ini dapat disebabkan oleh kondisi lain yang mendasarinya, seperti radang sendi, hal ini dapat diperparah dengan posisi tidur tertentu. Cobalah posisi tidur berbaring telentang dan berbaring miring untuk mengurangi pembengkakkan.

7. Cedera

Saat kita melukai diri sendiri, tubuh menghasilkan respons inflamasi di lokasi cedera. Peradangan ini seringkali ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, nyeri, dan gejala lainnya. Baik ringan maupun serius, cedera tangan dapat menyebabkan pembengkakan pada jari, tangan, dan pergelangan tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro