Ilustrasi Depresi/Istimewa
Health

Konsumsi Makanan Ini untuk Atasi dan Cegah Depresi

Kresensia Kinanti
Jumat, 23 Juni 2023 - 19:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Makanan adalah kebutuhan dasar manusia. Namun, beberapa jenis makanan dianggap sebagai makanan pencegah depresi

Berbagai faktor, termasuk genetika, hormon, penyakit, dan stress dapat memicu depresi. Pola makan harian pun dapat memengaruhi risiko kesehatan mental ini. 

Bagaimana kandungan di dalam jenis makanan mampu mendukung kesehatan mental?

Ada hubungan antara kesehatan pencernaan dan otak yang oleh para ilmuwan disebut sebagai "poros usus-otak". Teorinya adalah bahwa akan ada dampak suasana hati yang negatif tanpa pasokan bakteri usus yang sehat.

Triliunan mikroorganisme di dalam usus berperan dalam fungsi tubuh seperti pencernaan dan kekebalan tubuh. Pola makan, lingkungan, dan tingkat stres adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi lingkungan mikroorganisme yang dikenal sebagai mikrobiota usus.

Mikrobiota usus menghasilkan bahan kimia otak yang penting, termasuk hormon serotonin yang meningkatkan suasana hati. Ketika terjadi perubahan pada lingkungan tersebut, sistem saraf pusat (SSP) dapat mengubah suasana hati dan respons stresnya.

Dilansir dari Verywell Mind, salah satu aspek yang paling sering diabaikan dari kesehatan mental adalah nutrisi. Lantas, nutrisi apa yang bermanfaat untuk depresi?

- Folat

- Zat besi

- Asam lemak omega-3 

- Magnesium

- Kalium

- Selenium

- Tiamin

- Vitamin A, B6, B12, dan C

- Zinc atau seng

Makanan yang memiliki kandungan nutrisi ini dan berpotensi untuk mengatasi depresi antara lain: 

- Cokelat Hitam

Biji kakao mengandung flavonoid, nutrisi nabati yang merupakan antioksidan kuat dan dapat meningkatkan suasana hati. 

- Lemak Sehat (Ikan dan Kacang-Kacangan)

Ikan juga dianggap sebagai salah satu makanan yang baik untuk mengatasi depresi. Ikan hasil tangkapan laut, terutama jenis yang lebih berminyak seperti salmon, makarel, trout, sarden, dan tuna (bukan kalengan), merupakan pilihan tepat untuk membantu melawan depresi. Mengapa? Karena ikan-ikan tersebut kaya akan lemak omega-3.

Selain ikan, kacang-kacangan juga membantu dalam menambah lemak omega-3. Kacang kenari adalah salah satu kacang yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki sumber omega-3 tertinggi dan sumber protein yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap seimbang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro