Semut api/
Health

Seorang Perempuan Meninggal Gara-gara Digigit Semut Api

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 30 Juni 2023 - 13:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang perempuan di Amerika Serikat meninggal dunia setelah menginjak bukit semut api di dekat rumahnya.

Cathy Weed, yang tinggal di Lawrenceville, Georgia, menderita reaksi alergi parah setelah menginjak tumpukan semut pada 24 Juni. Dia meninggal sebelum mendapatkan perawatan.

Kenapa cuma karena semut api dia bisa meninggal?

Semut api adalah sejenis semut penyengat yang biasanya hidup di gundukan lumpur di dalam tanah. Mereka dapat ditemukan di beberapa negara bagian AS dan terkadang menjadi invasif.

Meskipun semut api memang menggigit, bagi kebanyakan orang rasa sakitnya jauh lebih ringan daripada sengatan lebah, dan biasanya hanya menyebabkan pembengkakan dan kemerahan.

Tetapi bagi orang dengan alergi semut api, sengatan dapat menyebabkan situasi yang mengancam jiwa yang disebut anafilaksis, reaksi alergi parah yang dapat terjadi dalam beberapa menit atau bahkan detik setelah terpapar alergen.

Semut api menjepit korbannya dengan rahang yang kuat dan berulang kali menyuntikkan racun ke manusia dengan sengatnya, menurut Departemen Pertanian AS. Gejala sengatan termasuk sensasi terbakar, gatal dan ruam.

Semut api biasanya ditemukan di wilayah selatan AS dan di tempat-tempat jauh di utara hingga Tennessee, kata Wizzie Brown, spesialis manajemen hama di Texas A&M University. Meskipun mereka adalah spesies sepanjang tahun, mereka cenderung lebih umum di musim semi dan musim gugur

Semut api menggigit dan menyengat. Mereka agresif saat menyengat dan menyuntikkan racun, yang menyebabkan sensasi terbakar. Benjolan merah terbentuk di sengatan, dan dalam satu atau dua hari menjadi pustula berisi cairan putih.

Reaksi alergi ini perlu segera ditangani, biasanya dengan hormon yang disebut epinefrin. Ini biasanya dapat dilakukan di epipen.

Semut api impor pertama kali datang ke Amerika Serikat sekitar tahun 1930. Sekarang ada lima kali lebih banyak semut per hektar di Amerika Serikat daripada di Amerika Selatan asli mereka. Semut api yang datang ke Amerika Serikat lolos dari musuh alami mereka dan tumbuh subur di lanskap selatan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro