Pengeroposan tulang (osteoporosis)/Istimewa
Health

Ini Lho Penyebab Utama Osteoporosis pada Perempuan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 2 Juli 2023 - 10:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Osteoporosis bukan hanya kekurangan vitamin D atau Kalsium.

Osteoporosis merupakan kondisi melemahnya tulang atau tidak digunakannya atrofi tulang itu sendiri.

Seperti namanya, ini lebih merupakan gangguan gaya hidup yang lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Ini meningkatkan risiko patah tulang dan mempengaruhi tulang belakang lebih dari sendi lain di tubuh.

Varun O. Agrawal, Konsultan Penggantian Sendi dan Ahli Bedah Trauma, Ruby Hall Clinic mengatakan, setelah usia menopause, beberapa perubahan hormonal terjadi pada wanita yang membuat mereka cenderung lebih berisiko terkena osteoporosis.

Tapi ini saja bukan penyebabnya dan banyak alasan lain yang disebutkan di bawah ini juga meningkatkan risikonya.”

“Remodeling tulang adalah proses berkelanjutan yang melambat setelah usia 40-45 tahun. Dan kemudian kerusakan tulang mendominasi pembentukan tulang baru. Oleh karena itu, semakin banyak gaya hidup aktif pada kelompok usia 25-45 tahun, semakin kecil kemungkinan osteoporosis pada usia yang lebih tua,” saran Dr. Agrawal.

Berikut beberapa penyebab utama osteoporosis pada perempuan

1. Diet atau pola makan

Pola makan yang baik merupakan prasyarat untuk pembentukan tulang baru. Kebiasaan makan yang tidak teratur, peningkatan asupan junk food, kelebihan minuman berkafein, diet rendah kalsium dan vitamin D meningkatkan kemungkinan terkena osteoporosis. Menambahkan kedelai dalam diet adalah salah satu pilihan yang bermanfaat bagi wanita.

2. Merokok dan alkohol membuat tulang lemah

Kelebihan asupan alkohol dan merokok mengganggu proses remodeling tulang. Adalah baik untuk mengontrol kebiasaan. Individu yang merokok atau minum alkohol seringkali memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah.

3. Stres menambah buruknya kesehatan tulang

Kedamaian mental juga memiliki peran. Kurang tidur dan depresi meningkatkan kemungkinan gangguan ini. Oleh karena itu, jam tidur yang baik tanpa gangguan, meditasi, dan aktivitas yoga dapat membantu Anda menjaga ketenangan pikiran sehingga menghindari risiko.

4. Estrogen rendah

Wanita pascamenopause yang menderita kanker payudara dan diobati dengan terapi yang menekan estrogen berisiko lebih tinggi. Mereka mungkin memerlukan beberapa terapi hormonal dan manajemen medis tambahan lainnya setelah berkonsultasi dengan spesialis mereka.

Dengan demikian, pola makan yang baik, gaya hidup sehat dan aktif, olahraga, paparan sinar matahari, kedamaian mental, dan menghindari kebiasaan berbahaya dapat membantu kita mencegah osteoporosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro