Daging dari bahan nabati./REUTERS-Beyond Meat
Health

6 Makanan Pengganti Daging untuk Vegetarian

Maretha Uli
Kamis, 3 Agustus 2023 - 09:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Vegetarian merupakan gaya hidup tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Saat seseorang menjalankan gaya hidup vegetarian, seseorang membatasi pilihan makanannya menjadi hanya dari tumbuhan saja.

Alasan seseorang menjadi vegetarian adalah menciptakan sistem makanan berkelanjutan dan mengurangi emisi karbon dari pengolahan daging. Di samping itu, vegetarian juga memiliki keuntungan bagi tubuh.

Dilansir dari Nao Medical (2/8/2023) mengurangi konsumsi daging bisa menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan kanker. Selain itu, konsumsi bebas produk hewani juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan menjaga berat badan.

Meskipun tidak mengonsumsi segala sesuatu yang bersumber dari hewan, seorang vegetarian tetap membutuhkan asupan nutrisi yang sama dengan orang lain. Salah satunya adalah protein.

Protein biasa ditemukan dalam produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Namun, beberapa produk nabati juga mengandung protein yang memiliki khasiat yang sama.

Simak jenis makanan nabati yang menjadi sumber protein:

1. Tahu 

Tahu adalah sumber protein nabati yang populer digunakan sebagai pengganti daging. Tahu berasal dari sari kacang kedelai yang dihaluskan. Di Indonesia dan negara-negara Asia, tahu dikonsumsi sebagai alternatif lauk. Tahu bisa diolah menjadi berbagai makanan dengan cara digoreng, dijadikan sup, dan banyak lagi.


2. Tempe

Selain tahu, tempe juga berasal dari kacang kedelai. Bedanya, tempe dibuat dari fermentasi kacang kedelai. Makanan yang berasal dari Indonesia ini menjadi populer di kalangan vegetarian di seluruh dunia karena rasa dan teksturnya yang enak. Tempe bisa diolah menjadi berbagai masakan yang ditumis, dimasak bersama sayuran lain, dijadikan gorengan, dan sebagainya.


3. Seitan

Seitan atau daging gluten adalah makanan tinggi protein yang terbuat dari gandum. Gluten merupakan protein yang ditemukan pada gandum, jelai, dan gandum hitam. Untuk membuat seitan, gandum diolah menjadi adonan yang memiliki tekstur seperti daging ayam. Seitan bisa diolah menjadi bermacam makanan selayaknya daging ayam.


4. Lentil 

Kacang lentil adalah pengganti daging yang juga umum digunakan. Lentil mengandung banyak protein dan serat. Lentil biasa dikonsumsi di India dan banyak hidangan India yang terbuat dari lentil. Lentil bisa dikonsumsi dengan cara ditambahkan pada kari, dijadikan sup, dijadikan salad, atau ditambahkan pada pizza.


5. Chickpea atau Kacang Arab

Chickpea adalah sumber protein nabati yang populer digunakan sebagai pengganti daging. Chickpea biasa dijadikan isian burger vegetarian, isian kari, dijadikan kudapan panggang, atau ditambahkan pada salad. 


6. Quinoa

Quinoa adalah sumber karbohidrat dan protein yang juga mengandung 9 jenis asam amino yang penting bagi tubuh. Quinoa juga populer sebagai makanan utama dalam pola makan bersih. Quinoa bisa diolah layaknya nasi dengan cara digoreng, dijadikan pilaf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maretha Uli
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro