Ilustrasi gagal jantung/Freepik.com
Health

Ini Makanan-Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Novita Sari Simamora
Senin, 18 September 2023 - 23:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit jantung merupakan penyakit yang umum ditemukan di seluruh dunia. Padahal, penyakit ini bisa menjadi serius dan menyebabkan kematian.

Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang penting untuk semua orang dari berbagai usia dan jenis kelamin. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan memakan makanan yang sehat.

Dilansir dari Healthline, pola makan memainkan peran utama dalam kesehatan jantung dan dapat memengaruhi risiko penyakit jantung. Makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan.

Simak makanan-makanan sehat bagi jantung Anda:

1. Rempah

Tambahkan rempah ke dalam makanan-makanan Anda dibandingkan garam dan lemak. Rempah menambahkan rasa tanpa hal-hal buruk. Rempah-rempah dan makanan lainnya adalah cara lezat untuk makan dengan cerdas.


2. Salmon

Salmon selalu disebut-sebut sebagai bahan makanan yang sehat. Salmon adalah makanan terbaik untuk kesehatan jantung karena kaya akan omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah.

Omega-3 juga dapat menurunkan trigliserida dan mengurangi peradangan. American Heart Association merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya dalam seminggu.


3. Tuna

Selain Salmon, Tuna juga bisa menjadi pilihan. Seringkali lebih murah daripada salmon, tuna juga memiliki omega-3. Albacore (tuna putih) memiliki lebih banyak omega-3 dibandingkan varietas tuna lainnya. Nikmati juga sumber omega-3 lainnya, seperti makarel, herring, trout danau, sarden, dan ikan teri.


4. Minyak zaitun

Minyak ini adalah lemak sehat yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Ini kaya akan antioksidan yang menyehatkan jantung. Minyak zaitun mungkin melindungi pembuluh darah Anda. Ketika minyak zaitun menggantikan lemak jenuh (seperti mentega), ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.


5. Edamame

Edamame adalah kata dalam bahasa Jepang untuk kedelai. Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secangkir edamame juga memiliki 8 gram serat yang menyehatkan jantung. Untuk mendapatkan serat sebanyak itu dari roti gandum, Anda perlu makan sekitar empat potong.


6. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi terkenal karena kekayaan vitamin, mineral, dan antioksidannya. Secara khusus, mereka adalah sumber vitamin K, yang membantu melindungi arteri Anda dan meningkatkan pembekuan darah. Sayuran ini juga kaya akan nitrat, yang telah terbukti mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah. 


7. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan penurunan risiko penyakit jantung.

Makan alpukat setidaknya dua porsi setiap minggu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 16% dan penurunan risiko penyakit jantung koroner sebesar 21%. Alpukat juga kaya akan potasium, nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. 


8. Tomat

Tomat kaya akan likopen, pigmen tumbuhan alami dengan sifat antioksidan kuat. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas berbahaya, mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan, yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Meningkatkan asupan produk tomat dan suplementasi likopen berdampak positif terhadap lipid darah, tekanan darah, dan fungsi endotel. 


9. Bawang putih

Bawang putih memiliki khasiat obat ampuh yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini berkat adanya senyawa bernama allicin yang dipercaya memiliki banyak efek terapeutik. Bawang putih juga dapat menghambat penumpukan trombosit yang dapat mengurangi risiko penggumpalan darah dan stroke. 


10. Tahu

Tahu kaya akan protein kedelai vegetarian yang baik. Tidak hanya itu, tahu juga mengandung mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung. Rasanya bisa berbeda dengan bumbu atau saus yang Anda gunakan untuk memasaknya. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro