Hypersomnia, rasa lelah berlebiihan/cleveland clinic
Health

10 Tanda Kelelahan yang Harus Diketahui

Redaksi
Senin, 16 Oktober 2023 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkah kamu merasa sangat lelah dalam menjalani aktivitas? Kelelahan terkadang  membuat seseorang tidak ingin menjalani kehidupan sebagaimana adanya, tetapi kelelahan juga kadang tidak disadari.

Banyak orang tetap melakukan aktivitas walaupun sering merasakan hal yang berbeda dalam tubuh. Orang terus melakukan rutinitas tanpa istirahat walaupun sudah merasakan hal aneh. Kelelahan bukan hanya tanda dimana fisik kesakitan tetapi banyak tanda yang kadang tidak disadari.

Jika kamu sering mengalami tanda-tanda ini, sepertinya kamu perlu waktu untuk melepas sementara rutinitas yang melelahkan dan memulai perencanaan untuk refreshing.

Simak tanda-tanda kelelahan berikut ini: 

1. Kelelahan yang tidak kunjung hilang

Kelelahan sering datang dengan tanda lelah yang tidak kunjung hilang bahkan jika kamu sudah beristirahat atau refreshing saat weekend. Kelelahan seperti ini akan terus berlanjut dan mempengaruhi mood sendiri.

2. Merasa terputus

Terkadang kelelahan bisa datang dengan tanda dimana kamu merasa terisolasi meskipun sedang berada di tempat ramai. Kamu mungkin tidak bergairah untuk melakukan sesuatu karena merasa sepi dan sendiri.

3. Menurunnya kinerja

Sebuah studi baru dalam International Journal of Sports Physiology and Performance menunjukkan bahwa terlalu banyak tugas yang menuntut mental dapat berdampak signifikan pada penurunan kinerja kerja.

Selain menurun sistem kognitif pada otak yang berkaitan dengan fokus dan konsentrasi. Hal ini sangat berpengaruh pada penurunan kinerja kerja.

4. Gangguan tidur

Kelelahan memicu gangguan tidur seseorang yang akhirnya mengganggu organ tubuh yang lain. Gangguan tidur adalah kondisi yang memengaruhi kualitas, jumlah, dan waktu tidur yang didapatkan pada malam hari. 

Gangguan tidur yang umum termasuk insomnia, sindrom kaki gelisah, narkolepsi dan apnea tidur. Gangguan tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. 

Jika tidak mendapatkan jumlah atau kualitas tidur yang cukup yang dibutuhkan tubuh, hal ini dapat memengaruhi lebih dari sekadar rasa lelah di siang hari. Kurang tidur yang cukup dapat menyebabkan:

• Kesulitan belajar, mengingat atau mengambil keputusan.

• Perubahan kepribadian seperti mudah tersinggung.

• Waktu reaksi yang lebih rendah (membuat kecelakaan lebih mungkin terjadi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro