Capcay Seafood/gofood
Health

Seafood Baik Bagi Tubuh, Ini Manfaat Bagi Kesehatan

Redaksi
Kamis, 2 November 2023 - 15:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Mengkonsumsi makanan laut membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Faktanya, ada beberapa makanan laut yang memiliki banyak nutrisi hingga manfaat ujian tubuh. 

Makanan laut adalah bagian penting dari pola makan banyak orang di seluruh dunia, dan memakannya dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan.

Penelitian ilmiah selama puluhan tahun menunjukkan bahwa pola makan tinggi makanan laut dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai kondisi kesehatan. Ditambah lagi, makanan laut kaya akan nutrisi yang cenderung rendah dalam pola makan banyak orang.

Makanan laut adalah sumber terkonsentrasi dari banyak nutrisi penting. Makanan laut seperti salmon, kerang, dan udang, sangat tinggi protein ditambah vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, selenium, dan seng.

Studi menunjukkan bahwa banyak orang tidak mengonsumsi nutrisi tertentu yang terkonsentrasi pada makanan laut dalam jumlah yang cukup, termasuk vitamin B12 dan B6, selenium, zat besi, dan seng. 

Hal ini memprihatinkan, karena kekurangan nutrisi dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental serta meningkatkan risiko terjadinya kondisi kesehatan tertentu, termasuk anemia, depresi, dan banyak lagi. 

Melansir realsimple.com pada Kamis (2/11/2023), ada beberapa makanan laut yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh daripada makanan laut lainya. 

Berikut adalah makanan laut yang memiliki banyak nutrisi hingga mandi untuk tubuh: 

1. Ikan Berlemak 

Ikan berlemak yang dimaksud disini adalah salmon, tuna albacore (kalengan), makarel, herring, trout danau, dan sarden. Ikan adalah sumber protein yang baik, tetapi manfaat sebenarnya adalah asam lemak omega-3 yang dikandung. 

Omega-3 tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, tetapi juga penting untuk kesehatan otak. Lemak omega-3 membangun membran sel di seluruh tubuh dan otak serta melakukan fungsi anti-inflamasi dalam tubuh, yang membantu meningkatkan kesehatan sel-sel otak. 


2. Udang

Udang sejauh ini merupakan jenis makanan laut termudah dan tercepat untuk dimasak. Selain memasaknya yang mudah, udang juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

Udang sangat rendah kalori dengan hanya 84 kalori per porsi 3 ons. Ditambah lagi udang mengandung 20 gram protein, mineral besi dan seng dalam jumlah tinggi, dan 300 miligram omega-3.


3. Kepiting

Tergantung pada varietasnya, kepiting memiliki kandungan 80 hingga 100 kalori per porsi 3 ons dan menawarkan 16 hingga 20 gram protein ditambah 350 hingga 400 miligram asam lemak omega-3 (DHA + EPA).


4. Salmon

Satu porsi salmon atau 3 hingga 4 ons salmon mengandung sekitar 200 kalori. Salmon sangat rendah lemak jenuh dan merupakan sumber protein yang baik. Selain itu salmon juga salah satu sumber vitamin B12 terbaik dan kaya akan potasium hingga nutrisi lain seperti zat besi dan vitamin D.

Meskipun sebagian besar negara bagian memiliki saran konsumsi ikan dan tingkat konsumsi yang direkomendasikan, makan setidaknya dua porsi ikan per minggu umumnya dianggap sebagai bagian dari pola makan sehat.


5. Ikan Cod 

Vitamin, mineral, dan lemak sehat yang ditemukan dalam ikan cod memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Ikan Cod kaya akan vitamin B12, yang merupakan bagian penting dari saraf dan sel darah tubuh. Vitamin B12 juga membantu mencegah anemia dengan menjaga sel darah merah dalam kondisi baik. 

Beberapa orang yang mengonsumsi makanan nabati mungkin mendapati bahwa mengkonsumsi vitamin B12 membantu meningkatkan tingkat energi mereka. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro