Ilustrasi pria mengalami gejala kanker paru-paru/Freepik
Health

4 Cara Meningkatkan Kesehatan Paru-paru yang Bisa Dilakukan di Rumah

Redaksi
Kamis, 2 November 2023 - 17:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Memiliki paru-paru yang sehat menjadi impian setiap orang sebab dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Beberapa cara simpel berikut mungkin mampu meningkatkan kesehatan paru-paru kamu. 

Saat ini wilayah Jakarta sedang mengalami tingkat polusi yang cukup parah. Udara yang buruk akan berdampak pada kesehatan paru-paru sehingga menyebabkan gangguan pernapasan. 

Polusi udara terdiri dari zat berbahaya atau beracun di udara luar atau dalam ruangan. Ini berbahaya bagi banyak orang meskipun mereka tidak menderita penyakit paru-paru. Namun akan  sangat berbahaya bagi penderita asma, COPD, dan penyakit pernafasan lainnya.

Asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan kanker paru-paru adalah beberapa masalah paru-paru yang paling umum. Merawat paru-paru dengan baik sangat penting untuk mengurangi risiko kondisi seperti itu. 

Dilansir dari realsimple.com pada Kamis (2/11/2023), ada beberapa cara yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. 

Simak beberapa cara yang bisa diterapkan dalam keseharian kamu: 

1. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga adalah kunci dari banyak hal mengenai kesehatan dan hal ini sama pentingnya dengan menjaga kekuatan paru-paru. Paru-paru adalah  sebuah pompa yang bergantung pada otot-otot di rongga dada. Untuk menjaga paru-paru tetap kuat, perlu menjaga otot-otot tetap bugar. 

Latihan kardiovaskular adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan tidak memerlukan waktu lebih dari 20 hingga 30 menit sehari. Namun, jika kamu menginginkan latihan lebih dari 20 menit atau 30 menit maka akan lebih baik. 


2. Tingkatkan Vitamin D 

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penurunan fungsi paru-paru dan bahkan mengubah struktur paru-paru.

Jika kamu kekurangan vitamin D maka kamu bisa mendapatkan vitamin D melalui makanan seperti ikan berlemak, kuning telur, keju, atau suplemen Vitamin D (setelah berkonsultasi dengan dokter). Hal ini sangat penting terutama jika kamu memiliki penyakit yang mengganggu paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau asma.


3. Berusahalah Untuk Bernapas Dengan Benar

Stres dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh , termasuk sistem pernapasan. Pernapasan dalam bermanfaat untuk mengurangi stres, dan pernapasan diafragma serta pernapasan mengerucutkan bibir dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, terutama setelah pulih dari infeksi saluran pernapasan seperti COVID-19 atau penyakit yang lebih kronis.


4. Kebiasaan Pola Hidup Sehat

Cara terakhir dari menjaga paru-paru tetap kuat dan sehat adalah menghindari hal-hal yang berdampak buruk bagi paru-paru. Merokok dan vaping tentu saja tidak boleh dilakukan, tetapi perhatikan juga paparan terhadap perapian dan kompor berbahan bakar kayu yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran udara. 

Ketika berolahraga, hindari tempat dengan kualitas udara buruk atau kerumunan besar di mana kamu tidak memiliki ruang untuk bernapas. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro