Pemeriksaan diabetes/istimewa
Health

Sejarah Hari Diabetes Sedunia, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Novita Sari Simamora
Selasa, 14 November 2023 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap tanggal 14 November diperingati sebagai hari diabetes sedunia (World Diabetes Day). Diabetes merupakan penyakit tidak menular yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Hari Diabetes Sedunia (WDD) dicetus oleh International Diabetes Foundation (IDF) bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1991 dan diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2006 berdasarkan Resolusi PBB 61/225.

Tanggal 14 November dipilih untuk memperingati ulang tahun Sir Frederick Banting, salah satu penemu Insulin bersama Charles Best pada tahun 1922.

Hari Diabetes Sedunia mulai diperingati dengan mempertegas tanda dengan logo lingkaran biru, logo ini dianggap sebagai simbol global kesadaran diabetes dan melambangkan koalisi komunitas diabetes global dalam memerangi meningkatnya kasus diabetes.

Tanda lingkaran biru telah menjadi wajib saat peringatan Hari Diabetes Sedunia setiap tahunnya dan mempunyai tema serta fokus yang berbeda. Pada tahun 2023 ini, tema Hari Diabetes Sedunia adalah “Akses terhadap Perawatan Diabetes ”. Tema ini menyoroti pentingnya memiliki akses yang sama terhadap informasi yang tepat dan perawatan penting untuk memastikan pengobatan dan penatalaksanaan yang tepat waktu.

Dilansir Pace Hospital (14/11/2023) tema tersebut difokuskan pada pendidikan diabetes intensif bagi para profesional kesehatan dan penderita diabetes yang akan memungkinkan aksesibilitas yang lebih baik terhadap platform pendidikan berkualitas yang mendidik dan mendorong diagnosis dini serta mengikuti gaya hidup yang lebih baik dan tips pencegahan untuk melawan meningkatnya prevalensi diabetes di seluruh dunia. 

Hal ini juga berfokus pada penyediaan konten pendidikan yang lebih baik dan pembinaan kepada profesional kesehatan dalam mendeteksi dan mendiagnosis diabetes secara efektif dan memanfaatkan waktu untuk memberikan pendidikan kepada pasien diabetes tentang cara mencegah penyakit ini dengan melakukan perubahan gaya hidup. Tentunya akan memberikan dukungan mental kepada pasien dan membantu pasien memahami situasinya saat ini untuk membantu mencegah komplikasi lebih lanjut.

Bagaimana Cara Memperingati Hari Diabetes Sedunia? 

Perawatan diabetes terfokus pada upaya pencegahan diabetes maka konten mendidik terkait diabetes bisa mendukung pasien diabetes, maka hari diabetes sedunia menjadi waktu yang tepat untuk mendalami ilmu tentang diabetes itu sendiri.

Dengan memahami, mendalami dan berbagai ilmu terkait diabetes, kamu sudah mengambil bagian dalam memperingati Hari Diabetes Sedunia.

Simak penjelasan tentang diabetes yang dirangkum dari berbagai sumber: 

Diabetes adalah sebuah penyakit dimana tubuh gagal memproses dan memanfaatkan glukosa yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi. Pada dasarnya ada tiga jenis diabetes yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional.

Perlu diingat, glukosa adalah sumber energi utama dalam tubuh sehingga glukosa yang tidak efisien dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan diabetes yang tidak dikelola dapat menyebabkan komplikasi fatal seperti masalah kardiovaskular, kerusakan saraf, kerusakan ginjal, kerusakan kaki, infeksi kulit, disfungsi ereksi, depresi dan masalah gigi. 

Gejala diabetes dibagi menjadi 2, yaitu gejala utama dan gejala tambahan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Gejala Utama Diabetes:

1. Intensitas buang air kecil yang cukup sering

2. Cepat merasa lapar

3. Sering merasa haus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro