Ilustrasi pria mengukur perut buncit/Freepik.com
Health

Diet Sehat, 10 Cara Tetap Merasa Kenyang Meskipun Makan Sedikit Porsi

Redaksi
Sabtu, 25 November 2023 - 18:04
Bagikan

6. Camilan apel

Apel kaya akan serat larut pektin dan air, dua komponen yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk menahan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. 

Sebuah artikel ulasan yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition melaporkan bahwa apel dapat membantu menurunkan berat badan melalui beberapa mekanisme. Serat pektin dalam apel membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan apel untuk membantu meningkatkan rasa kenyang. 

7. Konsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong hingga buncis merupakan sumber protein nabati yang sangat baik, mengandung serat dan karbohidrat yang lambat dicerna, serta antioksidan yang  penuh manfaat. 

Kacang-kacangan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga membantu untuk merasa kenyang lebih lama. 

Penelitian yang diterbitkan dalam Advances in Nutrition mengungkapkan bahwa jumlah serat yang tinggi dan kalori yang relatif rendah membuat makanan ini menjadi pilihan yang bagus untuk tetap kenyang dengan makan lebih sedikit kalori.

8. Konsumsi Lebih Banyak Telur

Telur mengandung protein berkualitas tinggi, protein dalam telur dapat membantu merasa kenyang lebih lama. 

Sarapan dengan telur meningkatkan rasa kenyang dan lebih efektif untuk mengurangi rasa lapar dibandingkan dengan sarapan yang mengandung kalori yang sama seperti sereal, susu, dan jus.

Telur rebus juga dapat dijadikan camilan yang bergizi dan dapat membantu menjaga kalori secara keseluruhan.

9. Minum Air Sebelum Makan

Strategi lain yang efektif untuk menipu diri sendiri agar merasa kenyang sambil makan lebih sedikit kalori adalah dengan minum air atau semangkuk kaldu atau sup sayuran sebelum makan. 

Sebuah penelitian dari Penn State University mengungkapkan bahwa memulai makan dengan sup menghasilkan konsumsi kalori sekitar 20% lebih sedikit selama makan. 

Minum air yang kaya energi atau menikmati sup rendah kalori sebelum makan akan membantu tetap kenyang karena adanya peningkatan volume makanan dengan tambahan air atau sup.

10. Gunakan Peralatan yang Tidak Terlalu Besar

Jika peralatan makan terlalu besar, kemungkinan besar porsi makanan juga besar. Cukup dengan mengecilkan ukuran peralatan makan sehingga dapat membantu menyajikan makanan dan camilan yang lebih sedikit sekaligus membantu mengurangi kalori harian.

Hal ini dapat membantu mempertahankan rasa kenyang dan lebih mudah untuk mengontrol asupan kalori.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro