Orang sedang membaca hasil tes kolesterol/freepik
Health

Cara Menurunkan Kolesterol Dalam 7 Hari

Novita Sari Simamora
Selasa, 19 Desember 2023 - 09:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami, hanya dalam 7 hari saja. Namun, ini tergantung dengan gaya hidup dan pola konsumsi Anda.

Dilansir dari Healthpartners, Selasa (19/12/2023), seseorang bisa menurunkan kolesterol tanpa menggunakan obat, tetapi harus mengikuti menu makanan penurun kolesterol, olahraga ringan, dan banyak lagi.

Cara menurunkan kolesterol hanya dalam 7 hari:

1. Baca label produk makanan, hindari lemak trans

Anda mungkin pernah mendengar nasihat ini berulang kali karena ini adalah salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengontrol pola makan. 

Saat Anda membaca label nutrisi makanan, maka ini akan membantu Anda memahami nutrisi mana yang Anda makan, dan juga dapat membantu Anda menghindari lemak trans, salah satu bahan terburuk untuk kadar kolesterol Anda.

Lemak trans banyak terdapat pada banyak makanan olahan, dan juga terdapat pada banyak makanan panggang yang menggunakan margarin atau mentega putih. Jenis makanan ini berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL.

makanan mengandung lemak trans
makanan mengandung lemak trans

2. Hindari daging merah 

Cara lain untuk menurunkan kolesterol adalah mengonsumsi ikan atau ayam. Hindarilah makanan olahan seperti sosis, burger, dan nuget. Coba tinjau kembali belanjaan Anda dan lihat apakah ada peluang untuk melakukan peralihan protein dengan mudah.

Daging merah seperti daging sapi memiliki lemak jenuh  tinggi, dan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL. Untuk alternatif yang lebih sehat, pilihlah ayam tanpa kulit atau kalkun tanpa kulit lebih sering, dan hindari daging olahan. Anda juga dapat mencoba memasukkan lebih banyak ikan ke dalam makanan Anda.

Ikan rendah lemak jenuhnya, dan banyak jenisnya mengandung asam lemak omega-3, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik.

Ini jenis ikan yang bisa Anda masukkan dalam menu makanan untuk menurunkan kolesterol:

  1. Ikan berminyak seperti salmon Atlantik atau Pasifik
  2. Ikan air tawar
  3. Ikan bandeng
  4. Ikan kerapu
  5. Steak atau fillet tuna, lebih baik menghindari ikan kaleng

Cara menurunkan kolesterol adalah mengonsumsi ikan salmon secara rutin dan menghindari daging merah
Cara menurunkan kolesterol adalah mengonsumsi ikan salmon secara rutin dan menghindari daging merah

3. Makan lebih banyak serat larut dengan roti gandum, kacang merah, quinoa, dan banyak lagi

Serat sangat berperan penting membantu kesehatan pencernaan Anda. Namun jika Anda mengira serat hanya untuk pencernaan, maka itu salah. Sebab, serat juga dapat membantu membangun kesehatan jantung Anda.

Anda juga harus mengenali makanan rendah kolesterol kaya akan serat larut. Sebab, serat larut menyerap kolesterol di usus Anda, sebelum masuk ke aliran darah – dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Makanan kaya serat larut:

  1. Gandum
  2. Jelai
  3. Biji gandum
  4. Roti gandum utuh
  5. Kacang merah
  6. Kacang-kacangan
  7. Buncis

Sangat mudah untuk memasukkan lebih banyak jenis makanan ini ke dalam diet Anda. Cobalah oatmeal dan roti gandum utuh untuk sarapan, kari lentil untuk makan siang, atau cabai kalkun dengan kacang merah untuk makan malam.

Perlu diketahui bahwa tidak semua  makanan yang diolah memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Sebab, semakin banyak biji-bijian atau kacang-kacangan yang diolah, semakin kecil kemungkinan biji-bijian atau kacang-kacangan tersebut memiliki manfaat kesehatan dan nilai gizi. Kapan pun Anda bisa, cobalah untuk membeli bahan-bahan segar.

4. Camilan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan

Tidak ada salahnya menyantap camilan di sela-sela waktu makan untuk menambah energi atau menenangkan perut keroncongan. Namun makanan ringan yang umum seperti keripik, popcorn microwave, kue kering, kue kering, atau biskuit mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi.

Di sisi lain, ngemil buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan tidak hanya membantu Anda menghindari lemak jahat, tapi juga membantu Anda mendapatkan lemak dan serat baik.

Buah bisa menurunkan kolesterol
Buah bisa menurunkan kolesterol

5. Makan kacang mentah

Kacang mentah kaya akan lemak tak jenuh – yang merupakan jenis lemak terbaik. Kacang sangat bagus untuk diet yang menyehatkan jantung karena meningkatkan kadar kolesterol HDL baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Contoh makanan lain yang tinggi lemak tak jenuhnya antara lain alpukat dan zaitun.

Saat Anda bingun mau menurunkan kolesterol dari mana, maka cobalah beberapa saran di bawah:

  1. Alpukat
  2. Apel
  3. Stroberi
  4. Blueberi
  5. Jeruk
  6. Anggur
  7. Zaitun
  8. Kacang polong
  9. Brokoli
  10. Wortel
  11. Okra
  12. Terong
  13. Kenari
  14. Kacang kacangan
  15. Kacang almond
  16. Kacang mete
  17. Kacang pistasi

Seperti halnya daging dan biji-bijian, ingatlah bahwa lebih banyak pengolahan berarti lebih sedikit manfaatnya. Misalnya, Anda tidak akan mendapatkan manfaat sebanyak dari makan apel utuh. Jadi, kalau bisa, usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan segar (tanpa garam jika bisa).

5. Gunakan susu rendah lemak, keju, dan yogurt

Bila Anda sangat suka susu, maka ini saatnya untuk memilih dan menurunkan kolesterol dengan membuat pilihan yang cerdas. Segera temukan solusi dan mudah demi kesehatan panjang.

6. Tidak makan kulit 

Pertimbangkan untuk mengurangi lemak dan membuang kulit daging ayam atau ikan. Sebab, ini membantu Anda mendapatkan protein sekaligus mengurangi asupan lemak.

Fokus pada merebus, memanggang, memanggang, merebus, atau memanggang. Ini adalah metode persiapan yang lebih baik daripada menggoreng, sebab menggoreng bisa menambah lemak ekstra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro