Simak cara mencegah penyakit jantung/Freepik.com
Health

6 Cara Mudah untuk Mengurangi Risiko Kematian dan Penyakit Jantung

Novita Sari Simamora
Rabu, 31 Januari 2024 - 14:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian baru menemukan bahwa lebih dari separuh orang dewasa di AS tidak mengetahui bahwa penyakit jantung adalah penyebab utama kematian.

Dilansir dari Health Line, Rabu (31/1/2024), sebanyak 51% responden dalam survei Harris Poll tahun 2023 yang dilakukan oleh American Heart Association tidak mengidentifikasi penyakit jantung sebagai penyebab utama kematian di AS.

Namun, ternyata penyakit ini telah menjadi penyebab utama kematian selama 100 tahun terakhir, dan merenggut lebih banyak nyawa dibandingkan dengan penyakit kanker dan penyakit pernafasan kronis bagian bawah.

Hanya 49% orang yang menyebut penyakit jantung sebagai penyebab utama kematian. Sementara itu, 16% mengatakan mereka tidak mengetahui penyebab utamanya, dan 18% menyatakan kanker sebagai penyebab kematian utama.

Penyakit jantung digunakan untuk menggambarkan berbagai kondisi yang mempengaruhi jantung, termasuk aritmia, aterosklerosis, kardiomiopati, dan kelainan jantung bawaan.

Simak cara sederhana untuk mengurangi risiko kematian karena sakit jantung:

1. Ketahui risiko Anda

Mengetahui risiko penyakit jantung adalah langkah awal yang penting dalam mengurangi penyakit tersebut. Norman Lepor, ahli jantung dan direktur National Heart Institute, mengatakan dokter bisa melihat beberapa faktor untuk menentukan risiko penyakit jantung Anda.

Selain itu, kadar kolesterol, riwayat keluarga, dan faktor risiko lain seperti hipertensi, diabetes, dan merokok semuanya dapat memengaruhi risiko penyakit jantung Anda.

2. Makan makanan yang sehat

Sebenarnya, banyak orang yang sudah tahu, bahwa mengonsumsi makanan sehat bisa memberikan kesehatan bagi tubuh. Pola makan yang menyehatkan jantung terdiri dari makanan utuh dan tidak diolah seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran

Bagian terpenting adalah membatasi lemak jenuh dan lemak trans, yang ditemukan dalam makanan olahan dan gorengan. Kabar baiknya adalah Anda tidak harus mengikuti diet mewah, cukup kenali.

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Obesitas merupakan faktor risiko kuat penyakit jantung karena meningkatkan faktor risiko kesehatan jantung lainnya.

Tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat tinggi (LDL) saling berkaitan dan keduanya umum terjadi pada pasien obesitas. Banyak orang merasa bahwa menurunkan berat badan bisa jadi sulit, tetapi pendekatan yang baik adalah dengan menetapkan tujuan yang realistis.

4. Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Faktanya, dalam sebuah penelitian tahun 2023, olahraga teratur secara signifikan dikaitkan dengan penurunan risiko semua penyebab kematian dan kejadian vaskular berulang pada pasien penyakit jantung.

Olahraga teratur dengan intensitas sedang menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL “jahat”. Ini juga mengatur gula darah dan membantu pengelolaan berat badan yang sehat.

5. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru Anda, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan jantung Anda.

Tinjauan tahun 2020 mencatat bahwa merokok meningkatkan angka kematian dari semua penyebab dan memiliki peran penting dalam penyakit kardiovaskular aterosklerotik.

6. Memiliki semangat hidup sehat

Penyakit jantung mungkin menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat, namun untungnya, ada banyak hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko tersebut, seperti berolahraga secara teratur, makan dengan baik, berhenti merokok, dan mengelola stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro